Ini 7 Penjelasan Mengapa Islam Mengharamkan Sebuah Makanan

Diah Afrilian - detikFood
Jumat, 11 Feb 2022 11:00 WIB
Ini 7 Penjelasan Mengapa Islam Mengharamkan Sebuah Makanan
Foto: Getty Images/iStockphoto/artbyPixel
Jakarta -

Dalam agama Islam kehalalan suatu makanan telah dijelaskan secara lengkap dalam Alquran. Ternyata ada alasan mengapa sebuah makanan diharamkan oleh Allah SWT.

Dalam ajaran Islam makanan yang dikonsumsi oleh umat Muslim dibatasi dengan hukum halal dan haram. Bukan tanpa alasan, hukum halal dan haram ini juga telah dijelaskan secara lengkap pada Alquran.

Mulai dari faktor kesehatan hingga beberapa halangan yang membuat suatu makanan menjadi haram untuk dikonsumsi. Sebagaimana semua makanan yang masuk ke dalam tubuh haruslah makanan-makanan yang bersih dan suci, maka tidak semua jenis makanan bisa dikonsumsi oleh umat Muslim.

Dalam buku fiqih kuliner karya Abdul Wahab Abdussalam Thawilah dan Alquran, ada banyak alasan diharamkannya suatu makanan. Setidaknya ada beberapa penilaian yang jika suatu makanan masuk ke dalam kategori tersebut, maka makanan itu haram untuk dikonsumsi.

Baca juga: 7 Makanan Selain Babi yang Juga Diharamkan Dalam Islam

Berikut ini 7 penjelasan mengapa sebuah makanan digolongkan haram dalam agama Islam:

Ini 7 Penjelasan Mengapa Islam Mengharamkan Sebuah MakananTermasukke dalam kategori membahayakan tubuh, bangkai hewan diharamkan dan telah dicantumkan dengan jelas pada surat Al Baqarah ayat 185. Foto: Getty Images/iStockphoto/artbyPixel

1. Membahayakan Tubuh

Seorang Muslim dilarang mengonsumsi makanan dan minuman yang dapat menyebabkan atau mengganggu risiko kesehatan. Dalam kaitannya dengan ini, beberapa makanan yang dilarang misalnya racun, makanan basi, daging bangkai hingga tanah. Makanan-makanan yang berbahaya ini ditakutkan akan mengancam keselamatan jiwa umat Muslim.

Larangan ini juga dijelaskan dalam Alquran surat Al Baqarah ayat 185 yang berbunyi:

"Dan infakkanlah (hartamu) di jalan Allah dan janganlah kamu jatuhkan (diri sendiri) ke dalam kebinasaan dengan tangan sendiri dan berbuat baiklah. Sungguh, Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik."

2. Membahayakan Akal

Allah SWT sangat melarang orang Islam mengonsumsi makanan atau minuman yang dapat menghilangkan akal atau menurunkan kesadaran. Baik berasal dari tumbuhan maupun berasal dari berbagai bahan lain yang mampu menurunkan kesadaran manusia. Makanan dan minuman yang tergolong dalam kategori ini seperti minuman keras, narkotika, hingga zat adiktif.

Larangan ini dicantumkan dalam firman Allah SWT pada surat Al Maidah ayat 90 yang berbunyi:

"Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamr, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panas adalah termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan."

Baca juga: Sisca Kohl Bikin Es Krim Babi Panggang, Banyak Netizen Emosi



Simak Video "Menengok Restoran Halal di Angeles City, Filipina"
[Gambas:Video 20detik]