5 Bahan Alami Pereda Sakit Tenggorokan Ini Bisa Ringankan Gejala Omicron

ADVERTISEMENT

5 Bahan Alami Pereda Sakit Tenggorokan Ini Bisa Ringankan Gejala Omicron

Diah Afrilian - detikFood
Senin, 07 Feb 2022 06:00 WIB
makanan atasi sakit tenggorokan
Foto: iStock

3. Lemon

Hampir mirip dengan garam dan madu, buah lemon juga dipercaya memiliki khasiat untuk meredakan sakit tenggorokan. Hal ini karena lemon mampu mengencerkan dahak dan membantu untuk meredakan sakit yang dirasakan pada rongga tenggorokan.

Lemon juga tinggi vitamin C yang dapat membantu untuk memperkuat imunitas dan melawan infeksi di dalam tubuh. Caranya kamu bisa mencampurkan satu sendok teh perasan lemon ke dalam segelas air hangat dan langsung diminum untuk pereda nyeri yang instan.

4. Saus pedas

Ilustrasi saus cabai.Mengandung komponen capsaicin, saus sambal yang terbuat dari cabai ternyata juga mampu meredakan inflamasi pada tenggorokan. Foto: Shutterstock

Mungkin akan terdengar cukup aneh jika meredakan sakit tenggorokan dengan saus pedas. Tetapi menurut para ahli kesehatan, saus pedas yang biasanya menjadi bahan pelengkap ini mampu membantu meredakan sakit yang dirasakan pada rongga tenggorokan.

Saus terbuat dari cabai yang mengandung komponen capsaicin yang tidak banyak diketahui mampu membantu meredakan inflamasi dan berfungsi sebagai pereda nyeri. Untuk menggunakan saus sebagai pereda sakit tenggorokan kamu bisa menyampurkan beberapa tetes saus ke dalam air hangat dan menggunakan campurannya untuk berkumur.

5. Teh

Bukan rahasia lagi jika teh memiliki banyak manfaat kesehatan untuk tubuh. Banyak sekali jenis teh herbal yang diungkapkan mampu meredakan sakit tenggorokan secara cepat dan terbukti keampuhannya.

Contohnya ada teh chamomile yang mampu berfungsi sebagai pelicin pada tenggorokan yang kering sehingga saat ingin mengeluarkan suara kamu tidak merasakan sakit. Selain itu ada juga teh peppermint yang diungkapkan sangat baik untuk dikonsumsi dan membantu meredakan sakit pada tenggorokan.

Baca juga: 4 Trik Cerdas untuk Hidrasi Setiap Hari, Gampang Ditiru!


(dfl/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT