Bukan Sekadar Pelengkap Makanan, Ini 6 Manfaat Konsumsi Seledri

Diah Afrilian - detikFood
Sabtu, 05 Feb 2022 06:00 WIB
Bunch of fresh celery stalk with leaves. Studio Photo
Foto: iStock
Jakarta -

Sering menjadi pelengkap pada berbagai hidangan, seledri memiliki manfaat sehat jika dikonsumsi. Setidaknya ada enam manfaat seledri yang diungkapkan ahli baik untuk kesehatan.

Sayuran sekaligus bumbu dapur berwarna hijau ini tidak pernah absen dalam berbagai masakan. Seledri bisa dengan mudah ditemukan di Indonesia maupun di negara lain.

Ternyata selderi telah teruji khasiatnya bukan hanya sebagai pelengkap makanan saja. Seledri terbukti memiliki kandungan air, vitamin, hingga mineral yang tinggi. Hal ini diungkapkan oleh Maya Feller, M.S., R.D selaku ahli gizi terdaftar.

Seledri juga dipercaya sebagai sayuran atau bumbu dapur yang rendah kalori dan lemak sehingga aman untuk dikonsumsi rutin. Ada banyak manfaat kesehatan yang terbukti bisa dihasilkan dari konsumsi seledri melalui kandungan nutrisinya.

Baca juga: Cegah Omicron! 7 Makanan Tinggi Vitamin B6 Ini Bisa Tingkatkan Imunitas

Berikut ini 6 manfaat konsumsi seledri menurut Shape (2/2):

Bunch of fresh celery stalk with leaves. Studio PhotoSeledri mengandung antioksidan, betakaroten, vitamin C dan flavonoid yang dapat melawan radikal bebas dan mencegah penyakit. Foto: iStock

1. Melawan radikal bebas

Seledri memiliki kandungan antioksidan, betakaroten, vitamin C dan flavonoid sesuai dengan yang diungkapkan Feller. Sayuran yang satu ini juga diungkapkan memiliki asam caffeic, sebuah antioksidan yang ditemukan pada kopi, teh dan wine.

Kandungan antioksidan ini sangat berharga karena mampu membantu tubuh melawan radikal bebas yang menyerang. Jika tidak diatasi, radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh terlalu banyak mampu menyebabkan stres oksidatif dan inflamasi.

2. Menjaga kesehatan pencernaan

Seledri tidak hanya diperkaya oleh vitamin dan mineral tetapi juga kandungan seratnya yang begitu tinggi. Seledri diungkapkan memiliki kandungan serat dan larut dan serat tidak larut yang keduanya dibutuhkan untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Serat larut dibutuhkan oleh pencernaan untuk mengubah air menjadi gel yang membantu kelancaran proses pencernaan di dalam saluran gastrointestinal. Sedangkan serat tak larut akan membantu untuk melunakkan gumpalan kotoran agar lebih mudah dikeluarkan melalui anus.

Baca juga: 4 Trik Cerdas untuk Hidrasi Setiap Hari, Gampang Ditiru!



Simak Video "Bersama Ensure Membuat Olahan Dasar Cokelat yang Sehat "
[Gambas:Video 20detik]