Makanan Sehat Ini Penting Diberikan pada Anak untuk Cegah Stunting

Yenny Mustika Sari - detikFood Kamis, 27 Jan 2022 15:36 WIB
Makanan yang Cegah Stunting Pada Anak Foto: iStock
Jakarta -

Agar stunting pada anak dapat teratasi dengan baik, Ibu berperan dalam memberikan gizi terbaik untuk anak. Caranya dengan memberikan makanan sehat yang mengandung protein hewani.

Stunting menjadi permasalahan yang menjadi sorotan saat ini dan menjadi tema khusus pada Hari Gizi Nasional oleh Kemenkes. Stunting merupakan masalah yang terjadi pada anak di mana mereka kurang mendapatkan asupan gizi dalam waktu lama. Hal ini mengakibatkan terjadinya gangguan pertumbuhan pada anak.

Dilansir dari Unair News (28/10/2019), stunting pada anak dapat dicegah melalui peran ibu yang menyiapkan makanan bergizi seimbang. Trias Mahmudiono ahli nutrisi menjelaskan jenis makanan sehat yang baik dikonsumsi anak untuk mencegah stunting adalah protein hewani.

Makanan yang Cegah Stunting Pada AnakMakanan yang mengandung protein hewani disebut dapat mencegah stunting pada anak. Foto: iStock, dok. Tokopedia

"Untuk mencegah stunting, asupan nutrisi pada anak membutuhkan makanan yang mengandung protein hewani. Seperti telur, ikan, dan ati ayam," ujar Trias Mahmudiono, seperti dikutip dari Unair News.

Baca Juga: Laris Manis! Aktor FTV Jualan Seblak Rp 10 Ribuan di Belakang GI

Ketiga makanan yang mengandung protein hewani tinggi itu mudah didapat di Indonesia. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau. Sehingga tak ada alasan lagi dalam memberikan asupan gizi terbaik untuk buah hati.

Chef Norman Ismail juga memiliki tips mencegah stunting pada anak. Ia menjelaskan kepada detikFood saat menjadi narasumber dalam acara Tokopedia Now menyambut Hari Gizi Nasional (25/1).

"Stunting juga menjadi konsern saya saat ini. Untuk mencegah stunting tentunya makanan bergizi seimbang harus dikonsumsi oleh buah hati," ujar Chef Norman Ismail.

Makanan yang Cegah Stunting Pada AnakPemaparan Chef Norman Ismail tentang makanan sehat yang baik dikonsumsi untuk mencegah stunting pada anak. Foto: dok. Tokopedia

Baca Juga: Kulit Salak Bisa Diolah Jadi Teh yang Menyehatkan, Ini Cara Membuatnya

"Di antaranya seperti makanan-makanan yang mengandung asam folat, omega-3, dan yodium. Misalnya ikan salmon," sambungnya.

Chef Norman juga mengatakan kalau sebaiknya makanan sehat dan bergizi seimbang ini harus mulai diperkenalkan sejak dini. Agar tumbuh kembang anak berjalan lancar dan tidak terjadi stunting. Misalnya pada bayi berusia 6 bulan yang sudah mulai bisa mengonsumsi makanan MPASI (Makanan Pengganti ASI).

Chef Normal Ismail juga memberikan tips terkait makanan yang baik untuk MPASI. Ia menuturkan kalau sebaiknya MPASI dibuat dengan perasa alami. Contohnya rasa manis diambil dari wortel, lalu rasa asin berasal dari salmon.

Baca Juga: Sempat Viral karena Getok Harga, Pedagang PKL Malioboro Akan Digusur Pekan Ini



Simak Video "Mantan Personel JKT48, Kini Jual Nasi Bakar Ludes 150 Porsi Dalam Sehari"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com