ADVERTISEMENT

Kulit Salak Bisa Diolah Jadi Teh yang Menyehatkan, Ini Cara Membuatnya

Devi Setya - detikFood
Kamis, 27 Jan 2022 08:00 WIB
Kulit Salak Bisa Diolah Jadi Teh yang Menyehatkan, Ini Cara Membuatnya
Foto: Getty Images/iStockphoto/JokoHarismoyo
Jakarta -

Sebagian besar orang akan membuang kulit salak. Padahal kulit salak bisa diolah jadi teh yang berkhasiat untuk penderita diabetes hingga obat sembelit.

Kulit salak punya tekstur tajam dan kering sehingga orang biasa langsung membuangnya. Padahal kulit salak memiliki khasiat untuk kesehatan jika diolah menjadi teh herbal.

Kulit salak mengandung zat alami yang ampuh mengobati berbagai masalah kesehatan, salah satunya diabetes. Bagian kulit ari dari buah salak juga mengandung serat dan vitamin C.

Sebuah penelitian yang dilakukan mahasiswa ITB jurusan Farmasi pada 2016, Hilda Nur Azizah, membuktikan bahwa ekstrak kulit buah salak mengandung zat aktif simplisia yang ampuh mengobati diabetes. Kulit salak juga memiliki kandungan cinamic acid derivative dan pterostilbene yang secara alami membantu mengontrol kadar gula darah.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut manfaat teh kulit salak:

1. Mengobati diabetes


Kulit salak terbukti bisa menjadi obat diabetes, banyak penelitian yang mengungkap kandungan nutrisi kulit salak. Kulit salak mengandung zat alami bernama simplisia dan cinnamic acid derivative yang bagus untuk menjaga kesehatan pankreas.

Di samping itu, kulit salak yang sudah diolah menjadi teh juga mengandung pterostilbene yang berperan aktif menurunkan kadar gula darah. Dengan demikian kulit salak mampu mengatasi diabetes.


Cara mudah untuk mengolah kulit salak ini adalah dengan merebus kulit salak yang sudah dicuci bersih. Rebus hingga airnya berkurang setengah, kemudian minum airnya secara rutin. Kalau mau versi praktis tinggal beli saja, teh kulit salak saat ini sudah banyak dijual di pasaran.

Kulit Salak Bisa Diolah Jadi Teh yang Menyehatkan, Ini Cara MembuatnyaSekeranjang buah salak Foto: Getty Images/iStockphoto/JokoHarismoyo

2. Mengatasi sembelit


Selain kulit bagian luar, ternyata kulit ari salak juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Kulit ari salak ini mengandung serat yang bisa mengatasi diare. Namun bagian kulit ari ini juga membantu mengobati sembelit.

Bagian kulit ari yang tipis ini mengandung tanin yang berkhasiat untuk menyembuhkan rasa melilit karena sembelit. Tanin berfungsi sebagai anti mikroba dalam sistem pencernaan yang berperan untuk melancarkan saluran pembuangan.

3. Mengobati sariawan

Dalam 100 gram buah salak terkandung 8,4 miligram vitamin C. Makan buah salak membantu menjaga sistem kekebalan tubuh dan mencegah sariawan. Bukan hanya bagian buahnya yang bermanfaat tetapi juga bagian kulitnya.

Kulit ari buah salak sebaiknya jangan dibuang, santap bersama buahnya agar bisa mendapatkan manfaat ekstra. Kulit ari buah salak yang mengandung vitamin C ini berperan mencegah dan mengobati sariawan.

Klik halaman selanjutnya untuk mengetahui cara mengolah teh kulit salak.



Simak Video "Daging Buah Salak Padang Sidempuan Ini Berwarna Merah Loh!"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT