5 Pola Makan Ini Bisa Sehatkan Usus dan Sistem Pencernaan

Yenny Mustika Sari - detikFood Sabtu, 22 Jan 2022 07:00 WIB
Pola Makan Vegan Ternyata Pengaruhi Kesehatan Usus dan Tekstur Feses Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Kesehatan usus harus terjaga agar tubuh bugar setiap harinya. Kamu bisa menerapkan pola makan sehat berikut untuk menjaga kesehatan usus dan sistem pencernaan.

Salah satu kunci tubuh tetap bugar dan sehat terdapat pada usus kita. Karena di dalam usus ada miliaran bakteri baik yang dapat menjaga metabolisme sehingga tubuh tetap sehat.

Namun ada juga jenis bakteri tertentu di usus yang dapat menyebabkan beragam penyakit. Untuk menjaga bakteri-bakteri baik terus berkembang di dalam usus, kamu perlu menjaganya dengan pola makan sehat.

Dilansir dari Health Line (17/1), ada beberapa pola makan yang bisa kamu terapkan setiap hari untuk menjaga kesehatan usus. Mulai dari mengonsumsi makaanan yang difermentasi hingga biji-bijian.

Baca Juga: Eks Chef Hotel Bintang 5 Jualan Nasi Dagang di Pinggir Jalan, Ludes dalam 2 Jam!

Berikut 5 pola makan sehat yang bisa sehatkan usus.

1. Konsumsi Makanan dengan Beragam Nutrisi

Ada ratusan spesies bakteri di usus yang masing-masingnya memainkan peran khusus dalam kesehatan dan membutuhkan nutrisi yang berbeda untuk pertumbuhan. Agar bakteri baik di usus tetap tumbuh dan berkembang, kamu harus mengonsumsi makanan dengan beragam pilihan nutrisi.

Pola makan yang terdiri dari berbagai jenis makanan dapat menghasilkan mikrobioma yang lebih beragam. Tak hanya boleh mengonsumsi satu jenis makanan, namun harus beragam dan tentunya bernutrisi tinggi.

Di antaranya seperti nasi sebagai sumber karbohidrat. Lalu sayuran dan buah untuk sumber asupan serat dan vitamin yang tinggi. Serta protein yang bisa didapatkan dari ikan, ayam, telur, dan lainnya.

2. Makanan Berserat Tinggi

Pola Makan yang dapat Menjaga Kesehatan UsusBrooli mengandung serat tinggi yang dapat menyehatkan usus. Foto: Getty Images/iStockphoto/

Makanan berserat tinggi sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan usus. Ada pun makanan yang mengandung serat tinggi berasal dari sayuran dan buah-buahan.

Sayuran yang memiliki warna pekat seperti wortel, bit, dan brokoli memiliki kandungan serat yang tinggi. Kandungan seratnya sekitar 4-10 gram per 100 gram sayuran tersebut, seperti dikutip dari WebMD (2/2/2017).

Buah-buahan juga banyak yang mengandung serat tinggi. Di antaranya ada apel, pisang, jeruk, dan stroberi. Kandungan seratnya sekitar 3-4 gram per 100 gram buah.

Baca Juga: Martabak Telur Lumpia, Jajanan Khas Indonesia Ini Mirip Pizza Vietnam

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com