Mau Diet Keto? Perhatikan Dulu 6 Tips Ini Agar Diet Sukses

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 18 Jan 2022 08:00 WIB
Diet Keto Foto: Shutterstock
Jakarta -

Diet keto tengah populer belakangan ini. Namun kalau mau ikuti diet keto, enam tips berikut perlu diperhatikan bagi pemula.

Diet keto merupakan pola diet yang menyarankan pelakunya untuk mengonsumsi banyak protein dan mengurangi asupan karbohidratnya. Diet keto banyak disebut oleh pelakunya mampu memberikan penurunan berat badan yang cukup cepat.

Tetapi banyak juga yang mengeluhkan efek samping diet keto yang cukup mengganggu kesehatan. Salah satunya dikenal dengan sebutan keto flu. Ahli keto, Hannah Sutter mengatakan mengurangi karbohidrat saat menjalankan diet keto sebenarnya cukup rumit.

Terutama untuk menghindari efek samping diet keto yang tidak diinginkan, ada hal-hal penting yang harus diperhatikan. Bagi pemula, diet keto harus dilakukan dengan efektif setidaknya selama seminggu jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca juga: 5 Makanan Pemicu Gula Darah Naik yang Perlu Diwaspadai

Berikut 6 tips yang perlu diperhatikan oleh pelaku diet keto pemula berdasarkan Express (16/1):

laparSaat melakukan diet keto, asupan makan sepanjang hari harus tetap diperhatikan. Membiarkan tubuh kelaparan justru hal yang salah untuk dilakukan. Foto: iStock

1. Jangan biarkan tubuh kelaparan

Walaupun sedang melakukan diet tetapi tubuh harus tetap dijaga agar tidak kelaparan. Makan secara teratur sepanjang hari dan mendengarkan apa yang diinginkan tubuh penting untuk dilakukan saat menjalani diet keto.

"Saat kita beraktivitas terlalu lama tanpa makan, gula darah kita akan menurun dan dapat membuat tubuh merasa sangat lapar atau yang terparah adalah membiarkan tubuh kelaparan," kata Sutter.

2. Menjaga hidrasi

Berulang kali ahli gizi mengingatkan bahwa tubuh bisa saja mengirimkan sinyal yang salah. Tubuh yang kehausan bisa saja mengirim sinyal lapar. Biasanya jika salah menafsirkan sinyal tersebut, banyak orang yang akan berujung pada makan berlebihan. Padahal meminum cukup air serta menjaga hidrasi adalah jalan keluar untuk mengatasinya.

"Sementara hal ini mungkin terdengar cukup klise, kita sering menyalahkan arti haus menjadi lapar jadi untuk mencoba memastikannya pastikan untuk tetap terhidrasi sepanjang hari dengan minum sekitar dua liter air," kata Sutter.

Baca juga: Beri Makanan untuk Gelandangan, TikToker Ini Dituduh 'Demi Konten'

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Masak Masak: Tips Simpan Sayuran di Kulkas Agar Tak Layu"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com