5 Makanan Pemicu Gula Darah Naik yang Perlu Diwaspadai

Diah Afrilian - detikFood Sabtu, 15 Jan 2022 06:00 WIB
diabetes Foto: Shutterstock
Jakarta -

Lonjakan gula darah sangat berbahaya terutama bagi penderita diabetes. Untuk menghindari lonjakannya, ahli kesehatan menyarankan agar hindari konsumsi lima makanan berikut.

Berbahaya bagi tubuh, lonjakan gula darah dapat memicu produksi insulin dalam jumlah banyak dan dalam waktu singkat. Jika dibiarkan terus menerus efek jangka panjang yang nantinya akan dihasilkan adalah resistensi atau kekebalan tubuh terhadap insulin.

Untuk mengendalikan produksi gula darah diperlukan asupan makanan sehat yang tinggi serat dan tidak mengandung gula yang tinggi. Ahli gizi menyarankan untuk memperhatikan kembali asupan makanan yang dikonsumsi, terutama bagi penderita diabetes dan untuk mereka yang ingin mencegah diabetes.

Pola makan bergizi seimbang dengan menambahkan asupan berupa karbohidrat, protein hingga lemak perlu dipenuhi agar gula darah lebih stabil. dr. Sally Roxburgh dari The Fleet Street Clinic juga menekankan bahwa penting sekali, terutama bagi penderita diabetes tipe 2, untuk mengendalikan asupan seperti mengendalikan berat badan, ukuran porsi hingga konsumsi kalori.

Baca juga: 7 Pola Makan Sehat untuk Atasi Tekanan Darah Tinggi

Berikut ini 5 makanan dan minuman yang wajib dihindari agar gula darah lebih terkendali:

Various freshly squeezed fruit and vegetable juicesFoto: Getty Images/iStockphoto/AlexRaths

1. Jus Buah dan Smoothie

Seringkali dianggap sebagai minuman dan menu sarapan yang sehat, dr. Roxburgh justru mengungkap bahwa jus buah dan smoothie menjadi jalan masuk gula tambahan yang paling tidak terkendali. Banyak jus buah kemasan dan smoothie yang menggunakan gula tambahan dan mengandung kalori tinggi. Dampak konsumsinya, berat badan naik dan gula darah melonjak.

"Jus buah dan smoothie harus dihindari karena mereka dapat meningkatkan gula darah dengan sangat cepat. Buah secara umum bisa dikonsumsi dan aku tidak akan pernah merekomendasikan selain buah yang dikonsumsi secara utuh," kata dr. Roxburgh.

2. Daging Olahan

dr. Roxburgh mengatakan bahwa daging olahan seperti salami, ham dan daging merah berlemak harus sangat dihindari jika tak ingin gula darah melonjak. Penelitian terdahulu juga menunjukkan bahwa daging olahan dapat memicu kenaikan berat badan hanya dalam waktu dua minggu yang dampaknya berpengaruh pada kesulitan mengendalikan gula darah.

"Makanan seperti ini dapat menyebabkan penambahan berat badan yang mana akan membuat diabetes lebih sulit dikendalikan. Sebaiknya konsumsi daging tanpa lemak seperti ayam atau kalkun," kata dr. Roxburgh.

Baca juga: dr Richard Lee Ungkap 4 Kelompok Minuman Kemasan dengan Gula Tertinggi

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Gerai Vegetarian di Senopati Ini Tawarkan Citarasa Resto Siap Saji"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com