Ini 5 Efek Samping Jika Sering Ngemil Kentang Goreng

ADVERTISEMENT

Ini 5 Efek Samping Jika Sering Ngemil Kentang Goreng

Yenny Mustika Sari - detikFood
Senin, 17 Jan 2022 08:00 WIB
Efek Konsumsi Kentang Goreng Terlalu Sering
Foto: Getty Images/iStockphoto

3. Imunitas Tubuh Menurun

Efek Konsumsi Kentang Goreng Terlalu SeringImunitas tubuh juga bisa menurun kalau mengonsumsi kentang goreng terlalu sering. Foto: Getty Images/iStockphoto

Di tengah pandemi Covid-19 yang belum juga kunjung menghilang, imunitas tubuh penting sekali utnuk dijaga. Makanan sehat yang mengandung zat antioksidan tinggi harus secara rutin dikonsumsi.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Current Opinion in Clinical Nutrition & Metabolic Care menemukan fakta kalau makanan tinggi lemak dan berminyak dapat merusak usus. Akibatnya bakteri tidak sehat berkembang secara signifikan dan mengurangi bakteri sehat yang terdapat di dalam tubuh.

Sebaiknya kurangi konsumsi kentang goreng agar sistem pencernaan tidak bermasalah. Mengingat peran usus penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Meningkatkan Risiko Penyakit Jantung dan Stroke

Penyakit jantung dan stroke dapat dipicu karena pola hidup yang tidak sehat. Salah satunya sering mengonsumsi makanan berlemak. Untuk itu kalau kamu sering mengonsumsi kentang goreng, kini harus dihindari.

Sudah dibuktikan dalam sebuah penelitian kalau mengonsumsi gorengan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Sebuah penelitian terhadap sekitar 150.000 veteran militer yang dilakukan oleh para peneliti di Departemen Urusan Veteran AS dan Pusat Penelitian dan Informasi Epidemiologi Veteran Massachusetts menemukan bahwa makan gorengan 3 kali seminggu memiliki risiko 7 persen lebih besar terkena serangan jantung dan stroke.

5. Memicu Kegemukan

Salah satu makanan yang perlu dihindari saat sedang diet adalah makanan berlemak, seperti kentang goreng. Kalau kamu mengonsumsinya dalam porsi besar, besar kemungkinan program diet yang kamu jalani akan gagal.

Ketika kentang goreng mengandung lemak tinggi maka kandungan kalorinya juga melonjak. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal The American Journal of Clinical Nutrition menemukan kalau mengonsumsi makanan yang digoreng secara langsung seperti kentang goreng bisa menyebabkan kasus obesitas.

Baca Juga: Gegara Masak Bakwan, Pria Indonesia di Jerman Ini Kena Omel Tetangga



Simak Video "Masak Masak: Tips Bikin Kentang Goreng ala Restoran Fast Food"
[Gambas:Video 20detik]

(yms/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT