Rutin Minum Kopi Bisa Bikin Kulit Mulus dan Sehat? Ini Kata Ahli

Yenny Mustika Sari - detikFood Senin, 03 Jan 2022 05:00 WIB
Manfaat Kopi untuk Kecantikan Kulit Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Kopi tak hanya dapat dinikmati sebagai minuman saja, tapi juga menyimpan beragam manfaat. Menurut ahli, salah satunya dapat membuat kulit sehat dan mulus.

Kopi dikenal sebagai minuman yang mengandung beragam nutrisi penting untuk tubuh. Di antaranya kandungan zat antioksidan yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga imunitas.

Kalau dikonsumsi dengan tepat, kopi juga dapat berfungsi sebagai minuman diet. Telah dibuktikan dalam beberapa penelitian kalau mengonsumsi kopi hitam tanpa gula secara rutin dapat menurunkan berat badan.

Kopi juga memiliki beragam manfaat lainnya. Dilansir dari Hola (1/1), kopi bisa meningkatkan kecantikan dan kesehatan kulit. Seperti membuat kulit kencang dan mulus.

Manfaat Kopi untuk Kecantikan KulitManfaat Kopi untuk Kecantikan Kulit Foto: Getty Images/iStockphoto

Baca Juga: YouTuber Ini Bagikan Indomie Gratis untuk Netizen Korea, Ini Reaksi Mereka!

Hal ini diungkapkan oleh Nora Tobin selaku ahli nutrisi. Ia menyebutkan kalau kopi dapat meningkatkan kecantikan kulit. "Kopi berkualitas dapat memainkan peran dalam memperbaiki sel, produksi kolagen, hingga menurunkan peradangan kulit," kata Nora Tobin.

Nora juga menjelaskan bahwa kandungan vitamin B3 (niacin) dan asam chlorogenic di dalam kopi dapat membantu mengurangi hiperpigmentasi kulit. Tak hanya itu, kandungan tersebut juga membantu dalam mengurangi munculnya bintik hitam, kemerahan, dan garis-garis halus tanda penuaan dini.

Selain dirasakan manfaatnya dengan diminum langsung, kamu juga bisa menggunakan kopi sebagai scrub alami. Nora menjelaskan kalau scrub kopi sangat baik untuk mengangkat sel-sel kulit yang mati sehingga kulit menjadi halus.

Baca Juga: Istimewa! Durian Kampung Organik Jepara yang Manis Pahit Ini Jadi Incaran

Manfaat Kopi untuk Kecantikan KulitManfaat Kopi untuk Kecantikan Kulit Foto: Getty Images/iStockphoto

"Melumuri tubuh dengan scrub kopi dapat mengurangi munculnya selulit dengan memutar pembuluh darah di bawah kulit", ujar Nora.

"Scrub kopi juga dapat mengangkat sel-sel kilit mati, menghaluskan kulit dan meratakan warna kulit. Kandungan polifenol di dalam kopi juga membantu pergantian sel dan perlindungan kekebalan," lanjutnya.

Nora turut memberikan cara menggunakan kopi untuk merawat wajah berjerawat hingga spot hitam di bawah mata. Untuk wajah berjerawat, kamu cukup oleskan kopi bubuk di wajah secara perlahan agar membantu membuka pori-pori yang teriritasi.

Sedangkan untuk merawat area bawah mata bisa dengan mencampurkan kopi bubuk, madu dan beberapa tetes minyak vitamin E. Oleskan racikan kopi tersebut di bawah mata dan diamkan selama 15 menit, setelah itu baru dibilas sampai bersih.

Baca Juga: Mampir Rek! 5 Tahu Campur Enak yang Wajib Cicip di Surabaya



Simak Video "Info Lur! Waroeng Kopi Klotok Jogja Kini Ada di Cisarua"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com