ADVERTISEMENT

Meski Rasanya Manis, 5 Buah Ini Justru Bisa Turunkan Gula Darah

Devi Setya - detikFood
Minggu, 02 Jan 2022 05:00 WIB
Meski Rasanya Manis, 5 Buah Ini Justru Bisa Turunkan Gula Darah
Foto: Getty Images/iStockphoto/Milan Krasula
Jakarta -

Banyak mitos berkembang soal penderita diabetes yang tak boleh makan buah manis. Padahal sebenarnya ada beberapa jenis buah yang justru membantu menurunkan gula darah.

Buah segar mengandung segudang manfaat. Konsumsi buah secara rutin bisa membantu memenuhi kebutuhan vitamin, serat dan menjaga berat badan serta mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.


Dilansir dari Times of India (31/12) gula darah bisa dikontrol dengan memperhatikan pola makan. Beberapa makanan memang tidak boleh disantap berlebihan, terutama untuk jenis makanan tinggi gula.

Namun ternyata gula buah tidak memberi efek buruk pada lonjakan gula darah, jadi para ahli diet justru menyarankan konsumsi buah untuk mengontrol kadar gula darah. Asal dikonsumsi dalam porsi tepat, beberapa jenis buah manis justru bisa menurunkan kadar gula darah.

Berikut beberapa buah yang bisa membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh:

1. Buah berry

Beberapa jenis buah berry seperti strawberry, raspberry dan blueberry memiliki serat tinggi, vitamin, mineral dan antioksidan. Kandungan inilah yang membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

Meskipun rasanya manis, tetapi buah berry tidak menyebabkan bahaya bagi penderita diabetes asalnya dikonsumsi dalam jumlah sedang dan tidak berlebihan. Menurut sebuah penelitian, makan 2 cangkir raspberry merah dengan makanan tinggi karbohidrat efektif dalam mengurangi insulin.

Meski Rasanya Manis, 5 Buah Ini Justru Bisa Turunkan Gula DarahMeski Rasanya Manis, 5 Buah Ini Justru Bisa Turunkan Gula Darah Foto: Getty Images/iStockphoto/Milan Krasula

2 Alpukat

Buah satu ini kaya akan lemak sehat, serat, vitamin dan mineral. Sejumlah penelitian mengungkap, konsumsi alpukat secara rutin dapat membantu mengurangi kadar gula darah. Alpukat juga melindungi terhadap perkembangan sindrom metabolik, yang merupakan sekelompok kondisi, termasuk tekanan darah tinggi dan gula darah tinggi, yang meningkatkan risiko penyakit kronis.

Setengah buah alpukat berukuran kecil mengandung sekitar 5,9 gram karbohidrat dan 4,6 gram serat. Dari penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Board of Family Medicine tahun 2012 menyebutkan suplemen serat untuk diabetes tipe II bisa menurunkan kadar gula darah. Dengan demikian serat pada alpukat ampuh membantu menurunkan kadar gula darah.

3. Buah jeruk

Buah jeruk memiliki rasa cenderung asam manis. Buah ini juga terbukti memiliki indeks glikemik rendah dan tidak terlalu mempengaruhi gula darah dalam tubuh.

Buah jeruk juga kaya serat dan berbagai nutrisi alami seperti naringenin, yang memiliki sifat antidiabetes. Cara terbaik makan jeruk adalah dengan menyantap langsung tanpa dibuat jus. Pastikan untuk tidak membuang lapisan benang putih pada permukaan jeruk karena itu mengandung serat tinggi.

Saksikan juga: Viral Bakso Jumbo dengan Kuah Rawon yang Hitam

[Gambas:Video 20detik]



4. Apel

Apel mengandung senyawa alami seperti quercetin dan asam klorogenat yang secara otomatis membantu mengatur gula darah dan melindungi dari diabetes. Menurut sebuah penelitian, makan apel 30 menit sebelum makan nasi efektif mengurangi gula darah setelah makan.

Apel juga termasuk makanan tinggi serat, bisa dikonsumsi langsung ataupun dijadikan sebagai campuran pada salad buah. Apel juga punya rasa yang manis enak sehingga bisa dikonsumsi langsung. Satu butir apel setiap hari membantu menjaga kesehatan.

Buah pepayaMeski Rasanya Manis, 5 Buah Ini Justru Bisa Turunkan Gula Darah Foto: iStock

5. Pepaya

Pepaya kaya akan antioksidan yang membantu mengatur kadar gula darah. Para peneliti telah melakukan serangkaian pengamatan bahwa penderita diabetes rentan terhadap penyakit lain termasuk penyakit jantung dan beberapa penyakit kardiovaskular lainnya.

Dalam kasus ini, pepaya efektif membantu menghalangi kerusakan sel dalam tubuh. Efeknya, kesehatan organ lain seperti jantung pun akan terjaga. Sebagai bonus, pepaya yang tinggi serat juga membantu melancarkan sistem pencernaan dan membantu mengoptimalkan penurunan berat badan.

Saksikan juga: Viral Bakso Jumbo dengan Kuah Rawon yang Hitam

[Gambas:Video 20detik]



(dvs/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT