Jangan Ditiru! 5 Kebiasan Minum Ini Dapat Gagalkan Diet

Yenny Mustika Sari - detikFood Jumat, 31 Des 2021 08:00 WIB
Hindari Kebiasaan Minum yang Dapat Gagalkan Diet Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Kalau ingin berhasil diet, ada beberapa kebiasaan minum yang perlu diperhatikan. Seperti mengonsumsi jus terlalu sering hingga menambahkan gula ke dalam kopi.

Tubuh langsing ideal memang idaman semua orang. Banyak yang melakukan diet ketat dengan beragam pilihan pola makan untuk mendapatkan tubuh langsit tersebut.

Tak hanya menyoal makanannya saja yang perlu diperhatikan, tapi juga kebiasaan minum. Dilansir dari Live Strong (21/12), ada beberapa kebiasaan minum saat diet yang salah namun banyak dilakukan orang-orang.

Di antaranya seperti mengonsumsi diet soda yang ternyata malah dapat membuat berat badan naik, selalu mengonsumsi jus, dan lainnya. Kamu harus benar-benar memperhatikan pola minum setiap hari agar tubuh langsing dan ideal dapat tercapai.

Baca Juga: Arief Muhammad Curhat Dijutekin Pelayan Resto di Bandung, Ini Kronologinya!

Berikut 5 kebiasaan minum yang dapat menggagalkan diet.

1. Minum Diet Soda

Hindari Kebiasaan Minum yang Dapat Gagalkan DietHindari Kebiasaan Minum yang Dapat Gagalkan Diet Foto: Getty Images/iStockphoto

Salah satu minuman yang perlu dihindari saat sedang diet adalah minuman bersoda. Minuman ini mengandung gula serta kalori yang tinggi. Oleh karenanya perlu dihindari karena dapat membuat lonjakan berat badan.

Namun, produsen minuman bersoda mengeluarkan varian diet soda yang memiliki klaim aman dikonsumsi saat diet. Ternyata hal sebaliknya malah terjadi. Karena minuman bersoda menggunakan pemanis buatan yang merakayasa kadar gula pada minuman tersebut.

Pada sebuah penelitian dalam jurnal 'Trends in Endocrinology and Metabolism' di tahun 2013 menemukan bahwa orang yang sering mengonsumsi minuman dengan pemanis buatan dapat menyebabkan lonjakan berat badan, terganggunya sistem metabolisme, bahkan penyakit kronis.

2. Hanya Minum Jus Buah

Jus juga termasuk minuman yang menyehatkan untuk dikonsumsi saat sarapan. Banyak orang juga menganjurkan minum jus saat diet, seperti jus buah-buahan yang segar yang mengandung sejumlah nutrisi seperti serat.

Walaupun begitu, tak baik hanya mengonsumsi jus saja dalam pola diet. Karena kalori yang masuk hanya berupa cairan, berbeda dengan mengonsumsi buah-buahan utuh yang lebih menyehatkan.

"Walaupun buah sangat baik untuk kesehatanmu, tapi buah juga mengandung kalori yang cukup banyak dan ada kandungan gulanya, berbeda dengan jus sayuran," ujar Blatner selaku ahli diet.

Baca Juga: Serunya Kahiyang Ayu Mukbang Mie Sop Bareng YouTuber Mgdalenaf

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Lagi Diet? Bisa Konsumsi Nasi Shirataki yang Rendah Kalori"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com