Suka Makan Pete? Ini 5 Manfaat Sehat dan Efek Samping Konsumsi Pete

Yenny Mustika Sari - detikFood Selasa, 21 Des 2021 12:30 WIB
Manfaat dan Efek Makan Pete Bagi Tubuh Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Pete menjadi makanan yang umum ditemui di Indonesia. Biasa dikonsumsi sebagai lalapan bersama sambal. Kalau suka mengonsumsi pete, ini manfaat dan efeknya.

Pete atau petai merupakan makanan dari golongan biji-bijian yang biasa dikonsumsi orang Indonesia. Banyak juga yang menganggap pete sebagai makanan esktrem karena menimbulkan aroma tak sedap.

Walaupun begitu petai banyak penggemarnya. Biasanya mereka menikmati pete untuk dijadikan lalapan dan disantap bersama sambal. Di Indonesia, pete juga biasa dicampurkan ke nasi goreng, sayur, dan olahan lauk lainnya.

Kalau kamu sangat menyukai pete, biji berwarna hijau yang aromanya tak sedap ini menyimpan beragam nutrisi yang dapat memberikan manfaat pada tubuh. Selain manfaatnya ada juga efek samping makan petai yang perlu diketahui.

Baca Juga: Gurih Asin Cake Nori yang Hitam Pekat, Tren Cake Terbaru di Jepang

Dilansir dari Awakening State (24/11), berikut manfaat dan efek samping makan pete.

1. Kesehatan Pencernaan

Manfaat dan Efek Makan Pete Bagi TubuhManfaat dan Efek Makan Pete Bagi Tubuh Foto: Getty Images/iStockphoto

Kesehatan pencernaan sangat penting untuk dijaga. Karena, usus menjadi salah satu organ yang berperan penting dalam menjaga sistem imunitas tubuh.

Oleh karena itu pentingnya mengonsumsi makanan yang berserat tinggi dalam sehari-hari. Serat yang tinggi ini biasanya ditemukan pada sayuran, buah, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Pete juga salah satu biji yang mengandung serat tinggi.

Kamu bisa mengonsumsi pete sebagai alternatif asupan serat harian. Jadikan lalapan bersama sayuran berserat lainnya, seperti bayam.

2. Kesetan Ginjal

Dalam tubuh manusia, ginjal berperan dalam membersihkan darah dari zat-zat yang tak berguna. Kamu perlu menjaganya dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi.

Bisa dengan mengonsumsi potasium, zat mineral yang dapat meningkatkan keseharan ginjal. Salah satu kandungan nutrisi yang terdapat di dalam pete adalah potasium. Sehingga mengonsumsi pete bisa memberikan manfaat dalam mengurangi risiko batu ginjal.

Baca Juga: Resep Pembaca: Resep Botok Tempe dan Teri yang Sederhana dan Sedap

Cek manfaat pete lainnya di halaman berikut...

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Masak Masak: Resep Tumis Kikil Sambal Bajak Petai"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com