Gurih Asin Cake Nori yang Hitam Pekat, Tren Cake Terbaru di Jepang

Devi Setya - detikFood Senin, 20 Des 2021 13:00 WIB
Gurih Asin Cake Nori yang Hitam Pekat, Tren Cake Terbaru di Jepang Foto: Soranews
Jakarta -

Cake rasa nori tampaknya siap menjadi tren dessert baru di Jepang. Tambahan rumput laut panggang ini membuat rasa cake jadi gurih asin.

Kreativitas masyarakat Jepang soal kuliner memang tak terbatas. Berbagai produk unik berhasil dibuat dengan rasa lezat sekaligus menjadi tren kuliner. Termasuk sebuah cake yang dibuat dengan campuran nori.

Biasanya nori dijadikan pelengkap untuk makanan dengan cita rasa gurih. Sebut saja seperti ramen atau sushi. Olahan rumput laut ini memang punya rasa asin jadi saat dipadukan dengan makanan gurih akan membuat rasanya lebih lezat.

Dilansir dari Soranews (17/12) ternyata nori bukan hanya bisa dicampur pada makanan gurih saja. Sebuah perusahaan produsen teh berusia 300 tahun membuat produk kue dengan bahan dasar nori.

Gurih Asin Cake Nori yang Hitam Pekat, Tren Cake Terbaru di JepangGurih Asin Cake Nori yang Hitam Pekat, Tren Cake Terbaru di Jepang Foto: Soranews

Sebelumnya, produsen teh tradisional bernama Yamamotoyama ini membuat dua cake andalan yang terbuat dari bahan dasar teh yakni cake matcha dan cake hojicha. Namun kali ini perusahaan yang juga memproduksi nori ini membuat varian cake terbarunya yakni rasa nori panggang. Cake ini pun diberi nama Nori Terrine.

Pihak Yamamotoyama sangat terbuka soal cake ini sehingga pada kemasan kue ini tertulis "Nori" dalam ukuran besar dan tebal. Cake nori ini disajikan dalam keadaan beku. Tampilannya menarik karena berwarna hitam pekat.

Berbentuk persegi panjang dengan warna hitam pekat menjadikan cake nori ini beda dengan cake lainnya. Sekilas mungkin orang akan menyangka kue ini mengandung bubuk charcoal karena warna hitamnya, padahal yang membuat warna hitam ini adalah nori yang dihaluskan.

Gurih Asin Cake Nori yang Hitam Pekat, Tren Cake Terbaru di JepangGurih Asin Cake Nori yang Hitam Pekat, Tren Cake Terbaru di Jepang Foto: Soranews

Selain nori, campuran lainnya pada cake ini adalah cokelat couverture dengan kandungan kakao butter yang tinggi. Teksturnya lembut dan bisa dinikmati langsung dalam keadaan beku maupun dingin.

Untuk rasanya, cake nori ini menghadirkan sensasi manis sedikit asin di lidah. Jangan khawatir soal rasa asinnya yang dominan karena ternyata cake ini manis dan lezat. Rasa asin gurihnya hanya terasa tipis jadi tak membuat mual.

Satu kotak Nori Terrine dijual dengan harga 8.640 yen (Rp 1 juta) dan dapat dibeli di toko Yamamotoyama di Shinjuku Takashimaya, dan department store Nihonbashi Takashimaya di Tokyo.



Simak Video "Pizza Selada Laut, Hidangan Sehat dan Antimainstream"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com