Konsumsi Yoghurt Terbukti Ampuh Turunkan Tekanan Darah Tinggi, Ini Sebabnya

Devi Setya - detikFood Rabu, 15 Des 2021 07:00 WIB
Plain Greek Yogurt in a Bowl for Breakfast Foto: iStock
Jakarta -

Banyak makanan alami yang bisa diandalkan sebagai obat. Seperti yoghurt yang ampuh membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Produk olahan susu bukan hanya enak tetapi juga tinggi nutrisi yang bisa memberi pengaruh positif pada kesehatan. Salah satunya yoghurt, olahan fermentasi dari susu ini ternyata bukan hanya baik untuk sistem pencernaan tetapi juga bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Dilansir dari Times of India (14/12) sebuah penelitian yang dilakukan pada 915 orang dewasa menunjukkan bahwa konsumsi yoghurt secara rutin membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Tentu konsumsi yoghurt harus diimbangi dengan pola makan yang sehat juga.

Berikut penjelasan soal yoghurt yang bantu turunkan tekanan darah tinggi:

1. Hubungan antara konsumsi yogurt dan tekanan darah tinggi

Penelitian yang dilakukan pada 915 orang dewasa membuktikan bahwa yoghurt membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Kebiasaan makan yoghurt pada seseorang yang memiliki risiko darah tinggi terbukti memberikan pengaruh signifikan.

Tekanan darah tinggi dialami seseorang yang memiliki tensi 140/90 mmHg. Sementara tekanan darah normal berada di angka 120/80. Dalam penelitian ini para peneliti memberikan kuisioner pada lebih dari 900 orang dengan riwayat darah tinggi.

Para peneliti mengatakan bahwa studi observasional dan intervensi dilakukan untuk melihat seberapa besar pengaruh konsumsi yoghurt pada tekanan darah tinggi.

Greek yogurtKonsumsi Yoghurt Terbukti Ampuh Turunkan Tekanan Darah Tinggi, Ini Sebabnya Foto: Thinkstock

2. Yoghurt bisa mengontrol tekanan darah

Untuk mendapatkan manfaat dari konsumsi yoghurt, kamu bisa menambahkan olahan susu ini ke dalam makanan. Sebuah penelitian terbaru oleh University of South Australia menyebutkan bahwa makan yoghurt secara rutin sama saja seperti mengontrol tekanan darah secara alami.

Studi ini meneliti hubungan antara asupan yoghurt, tekanan darah dan faktor risiko penyakit kardiovaskular. Hasilnya terbukti bahwa yoghurt dikaitkan dengan tekanan darah yang lebih rendah bagi mereka yang hipertensi.

Secara global, lebih dari satu miliar orang menderita tekanan darah tinggi. Hal ini menjadi awal dari risiko berbagai penyakit lainnya, seperti serangan jantung dan stroke.

Seorang peneliti Dr Alexandra Wade mengatakan penelitian ini memberikan bukti baru yang menghubungkan yoghurt dengan hasil tekanan darah yang rendah bagi penderita hipertensi.

"Tekanan darah tinggi adalah faktor risiko nomor satu untuk penyakit kardiovaskular, jadi penting bagi kita untuk terus menemukan cara untuk mengaturnya," kata Dr Wade.

"Makanan susu, terutama yoghurt, mampu menurunkan tekanan darah. Ini karena makanan olahan susu mengandung berbagai mikronutrien, termasuk kalsium, magnesium, dan potasium, yang semuanya terlibat dalam pengaturan tekanan darah," jelas Dr. Wade.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Masak Masak: Tips Bikin Es Yoghurt Buah Segar"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com