5 Hal yang Wajar Dialami Saat Jalani Intermittent Fasting

Diah Afrilian - detikFood
Rabu, 15 Des 2021 08:00 WIB
Diet Intermittent Fasting, Ini Panduan dan Menunya untuk Turunkan Berat Badan
Foto: Getty Images/iStockphoto/everydayplus

3. Melewatkan Waktu Makan

Saat menerapkan pola makan yang baru biasanya tubuh akan memerlukan waktu untuk beradaptasi. Saat kamu dibatasi waktu makannya, biasanya banyak orang yang fokus untuk menahan makan saja.

Pada banyak praktik intermittent fasting pelakunya cenderung lebih sering melupakan waktu makan. Membatasi asupan kalori dengan periode yang ketat cukup sulit untuk dilakukan terutama bagi para pelaku intermittent fasting.

Pada saat pagi hari biasanya pelaku intermittent fasting merasa begitu lapar tetapi karena pembatasan waktu makan pelaku intermittent fasting akan menahan rasa laparnya. Kemudian saat waktu makan tiba, banyak pelaku intermittent fasting yang sudah lupa akan rasa laparnya dan melupakan waktu makan.

4. Kesulitan Tidur

Ilustrasi wanita sulit tidurFoto: Getty Images/AsiaVision

Pada minggu pertama, kesulitan tidur akan dirasakan para pelaku intermittent fasting. Pada malam hari rasa haus dan lapar akan memuncak sedangkan pelaku intermittent fasting diharuskan sudah kembali berpuasa.

Biasanya akan banyak yang memilih untuk minum di malam hari. Mengganjal lapar dengan segelas air mineral tetapi cukup sulit rasanya untuk kembali tidur dengan lelap.

Para ahli kesehatan juga mengatakan hal ini sangat wajar terjadi karena tubuh membutuhkan waktu untuk menyesuaikan pengetatan konsumsi kalori yang dilakukan. Tetapi setelah seminggu pertama banyak pelaku intermittent fasting yang akan merasa lebih nyaman.

5. Kesulitan Mengatur Porsi Makan

Intermittent fasting lambat laun akan membuat kamu lebih handal dalam menyusun pola makan. Menghindari makanan cepat saji dan tinggi kalori bukan lagi hal yang sulit untuk dilakukan.

Terbiasa memilih menu makanan dengan bijak dan lebih mudah memilih asupan makanan yang lebih sehat dan sesuai. Selain itu pelaku intermittent fasting yang telah terbiasa juga akan lebih handal menentukan porsi makan.

Sudah terlatih memilih makanan, menyusun porsi makan dan menentukan waktu makan. Biasanya pelaku intermittent fasting yang sudah lama menjalani diet ini akan cenderung memilih makanan tinggi serat dalam porsi kecil.

Baca juga: Tips Diet Shanty Denny yang Turun BB 14 Kg, Konsumsi 7 Makanan Ini



Simak Video "Lagi Diet? Bisa Konsumsi Nasi Shirataki yang Rendah Kalori"
[Gambas:Video 20detik]

(dfl/adr)