Miris! Setelah Dapat Tip Rp 63 Juta, Pelayan Ini Justru Dipecat

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 14 Des 2021 16:00 WIB
Miris! Setelah Dapat Tip Rp 63 Juta, Pelayan Ini Justru Dipecat Foto: Instagram/likegrantwise
Jakarta -

Dapat tip besar, kehidupan pelayan yang satu ini justru berubah menjadi pahit. Ia yang menerima tip sebesar Rp 63 juta dari pelanggannya, justru dipecat setelahnya. Kenapa ya?

Memberikan pelayanan yang prima dan semaksimal mungkin sudah menjadi tugas dari seorang pelayan di restoran. Melayani dengan sepenuh hati dan memenuhi segala permintaan pelanggan adalah tanggung jawab dari seorang pelayan.

Pelayanan yang memuaskan akan sangat berdampak bagi pengalaman pelanggan yang datang ke restoran tersebut. Saat pelanggan merasa puas, tidak sedikit dari mereka yang rela memberikan uang tip kepada pelayan restoran.

Seperti semacam apresiasi karena telah memberikan pelayanan terbaiknya, tidak jarang juga ada pelanggan-pelanggan yang mau mengeluarkan banyak uang untuk pelayan di restoran. Ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah tak segan untuk mereka keluarkan.

Baca juga: Pasangan Ini Buktikan Makan di Nusr Et Steakhouse Turki Jauh Lebih Murah

Miris! Setelah Dapat Tip Rp 63 Juta, Pelayan Ini Justru DipecatMiris! Setelah Dapat Tip Rp 63 Juta, Pelayan Ini Justru Dipecat Foto: Instagram/likegrantwise

Mengutip Today (14/12), seorang pelayan di restoran Oven and Tap, Bentonville, Arkansas, Amerika Serikat justru harus menelan pil pahit setelah menerima uang tip besar. Melayani pelanggan lebih dari 40 orang, Ryan Brandt, menerima tip sejumlah USD 4.400 atau setara dengan Rp 63,1 juta.

Brandt yang saat itu bertugas bersama salah satu temannya terkejut saat melihat jumlah tip yang mereka terima. Pelanggan yang dilayani oleh keduanya juga merasa begitu terkesan dengan layanan mereka.

"Hal yang sangat ajaib untuk dilakukan dan untuk melihat reaksinya begitu mengesankan, untuk melihat apa arti tip untuk dirinya sampai dampak yang didapatkannya dalam hidupnya," kata Grant Wise selaku kelompok pelanggan yang memberikan tip.

Sayangnya, respon dari restoran tempat mereka bekerja justru sebaliknya. Brandt disuruh oleh manajernya untuk mmebagikan tip tersebut kepada seluruh rekan kerja yang juga bertugas di waktu yang sama dengan dirinya. Padahal sebelumnya tidak pernah ada peraturan seperti ini selama dirinya bekerja 3,5 tahun di tempat tersebut.

Baca juga: Ngeri! TikToker Ini Ungkap Ada 'Pria Besar' Tutupi Resto hingga Tak Laku

Miris! Setelah Dapat Tip Rp 63 Juta, Pelayan Ini Justru DipecatMiris! Setelah Dapat Tip Rp 63 Juta, Pelayan Ini Justru Dipecat Foto: Instagram/likegrantwise

"Aku diminta untuk membagi tip kepada shift manajerku, dan aku akan menerima sekitar 20% dari tips tersebut untuk dibawa pulang," kata Brandts.

Mengetahui hal tersebut, pelanggan yang memberikan tip kemudian memastikan kepada pihak restoran agar tip yang diberikan harus diterima sepenuhnya oleh Brandt selaku pelayan yang mengurus segala keperluan mereka. Wise bahkan berbicara langsung ke pihak restoran untuk mengembalikan uang tip yang diberikannya secara utuh kepada Brandt dan tidak dibagikan kepada siapapun.

Sayangnya perlakuan Wise untuk membela Brandt justru berbalik menjadi bumerang yang mengancam karir Brandt. Setelah komplain tersebut dilayangkan, Brandt langsung diberhentikan dari pekerjaannya sebagai pelayan di Oven and Tap Restaurant.

Tidak tinggal diam dengan perlakuan yang diterima oleh Brandt, Wise ternyata mengambil langkah lanjutan dengan serius. Melalui media sosial, Wise bahkan membuka donasi untuk Brandt agar tetap memiliki pekerjaan setelah dipecat.

Setidaknya Wise ingin Brandt tetap memiliki uang selama musim berlibur yang digunakan dalam berbagai keperluan yang dibutuhkan. Target donasi yang ingin diraihnya awalnya sebesar Rp 86 juta, ternyata kebaikan hati netizen yang melihat kampanye donasi tersebut mampu menghasilkan sumbangan hingga terkumpul sebesar Rp 125,3 juta!

Baca juga: Mengaku Pelaku Vegan, TikToker Ini Melarang Orang Lain Makan Daging



Simak Video "Kulineran Asik Dilayani Robot Futuristik"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com