7 Tips Pola Makan Sehat dari Ahli Gizi untuk Atasi Peradangan Tubuh

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 07 Des 2021 05:00 WIB
7 Tips Pola Makan Sehat dari Ahli Gizi untuk Atasi Peradangan Tubuh Foto: Getty Images/iStockphoto/amenic181

3. Prioritaskan prebiotik

Selain probiotik, tubuh juga memerlukan prebiotik yang menjadi 'makanan' untuk probiotik. Fungsinya sama yaitu mengurangi inflamasi pada tubuh, menurut ahli gizi Gina Rancourt.

Prebiotik terkandung secara alami di dalam makanan tinggi serat seperti aneka buah dan sayur. Untuk mendapat prebiotik yang banyak, kamu bisa mengonsumsi bawang putih, bawang bombai, asparagus, pisang, dan ubi.

4. Rutin makan ikan mengandung omega 3

7 Tips Pola Makan Sehat dari Ahli Gizi untuk Atasi Peradangan Tubuh7 Tips Pola Makan Sehat dari Ahli Gizi untuk Atasi Peradangan Tubuh Foto: Getty Images/iStockphoto/amenic181

Ikan jadi menu andalan para pelaku hidup sehat. Berbagai nutrisi penting terkandung dalam ikan, salah satunya asam lemak omega 3 yang bisa mengurangi produksi senyawa inflamasi bernama sitokin.

Tak semua ikan mengandung lemak sehat ini. Beberapa ikan tinggi omega 3 adalah salmon, tuna, sarden, mackerel, dan herring. Polgreen merekomendasikan makan dua porsi ikan omega 3 setiap minggunya.

5. Minum teh jahe

Sejak lama konsumsi teh jahe jadi pilihan banyak orang untuk mengatasi berbagai keluhan kesehatan. Berbagai gejala inflamasi kronis seperti nyeri dan rasa kaku ternyata bisa diredakan dengan secangkir teh jahe.

Ahli gizi Leslie Langevin mengatakan, "Jahe adalah salah satu pengurang inflamasi favorit saya bersama dengan blueberry liar (kaya antioksidan) dan herba hijau," katanya. Bonus lainnya, jahe sangat bagus untuk menyehatkan pencernaan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Ahli Sebut Tubuh Manusia Tak Butuh Minyak tetapi Lemak"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com