7 Tips Pola Makan Sehat dari Ahli Gizi untuk Atasi Peradangan Tubuh

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Selasa, 07 Des 2021 05:00 WIB
7 Tips Pola Makan Sehat dari Ahli Gizi untuk Atasi Peradangan Tubuh
Foto: Getty Images/iStockphoto/amenic181
Jakarta -

Inflamasi atau peradangan adalah mekanisme alami tubuh untuk melindungi diri. Ahli gizi beri tips pola makan sehat yang bantu tubuh mengatasi inflamasi.

Tubuh memiliki mekanisme tersendiri untuk melindungi diri yang dikenal dengan sebutan inflamasi atau peradangan. Dalam kondisi ini, tubuh berusaha menghindari infeksi mikroorganisme asing seperti virus, bakteri, dan jamur.

Inflamasi juga bisa terjadi akibat cedera fisik, terkena racun, atau panas. Mengutip Alodokter (6/12/21), meski inflamasi merupakan proses yang baik bagi tubuh, namun proses ini juga terkadang merugikan.

Inflamasi mungkin terjadi meski tidak ada benda asing yang harus dilawan. Hal ini berakhir membuat jaringan yang normal malah rusak.

Mengutip Livestrong (6/12/21), peradangan kronis yang dibiarkan begitu saja bisa perlahan-lahan merugikan kesehatan. Pada kasus parahnya, inflamasi bisa memicu penyakit kronis dan penuaan dini.

Untuk mengendalikan inflamasi, ahli gizi mengungkap beberapa tips pola makan sehat yang bisa ditiru. Mulai dari memperbanyak asupan makanan fermentasi hingga minum teh jahe.

Ini dia 7 tips pola makan sehat pilihan ahli gizi untuk atasi peradangan tubuh:

1. Konsumsi banyak rempah

Ahli gizi menyarankan pola makan sederhana yang bisa membantu mereka atasi inflamasi. Salah satunya mengonsumsi banyak rempah. Aneka rempah bisa kamu tambahkan ke dalam masakan atau minuman.

"Banyak rempah mengandung senyawa kuat yang dapat berinteraksi dengan jalur kimia dalam tubuh, terkait dengan peradangan," kata ahli gizi Susie Polgreen. Ia merekomendasikan rempah kunyit, jahe, dan kayu manis.

Tambahkan sejumput saja ke dalam menu makanan, maka kamu sudah bisa merasakan manfaat sehatnya. "Tambahkan sekitar 1/4 sendok teh (sdt) rempah tersebut sudah cukup untuk mendapat manfaat antiinflamasi," kata Polgreen. Ia suka menambahkan bubuk kunyit, jahe, dan kayu manis ke dalam smoothies. Lalu untuk bubuk kayu manis dimasukkan ke dalam semangkuk oat dan secangkir teh miliknya.

2. Rutin makan makanan fermentasi

7 Tips Pola Makan Sehat dari Ahli Gizi untuk Atasi Peradangan Tubuh7 Tips Pola Makan Sehat dari Ahli Gizi untuk Atasi Peradangan Tubuh Foto: Getty Images/iStockphoto/amenic181

Banyak penelitian menunjukkan adanya kaitan antara mikrobioma usus dan respons inflamasi. Karenanya untuk mencegah inflamasi, kamu disarankan menjaga kesehatan usus. Salah satu caranya dengan memperbanyak asupan makanan fermentasi.

"Salah satu kunci penting dari komponen usus yang sehat adalah kehadiran bakteri hidup menguntungkan bernama probiotik," ujar Polgreen. Probiotik bisa didapat dari konsumsi makanan fermentasi seperti yogurt, tempe, kimchi, miso, kombucha, hingga kefir.



Simak Video "Ahli Sebut Tubuh Manusia Tak Butuh Minyak tetapi Lemak"
[Gambas:Video 20detik]