5 Kesalahan Meracik yang Bikin Teh Jadi Minuman Tak Sehat

Diah Afrilian - detikFood
Senin, 06 Des 2021 05:00 WIB
Foto: iStock
Jakarta -

Komponen aktif yang terkandung pada teh diklaim dapat memberikan manfaat kesehatan. Tetapi ada beberapa kesalahan yang harus dihindari agar manfaat sehat teh tak hilang.

Teh dikategorikan sebagai minuman sehat yang direkomendasi untuk dikonsumsi setiap hari. Manfaat sehat pada teh ini berasal dari kandungan komponen aktif yang begitu baik untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Mulai dari manfaat komponen antioksidan yang kaya hingga membantu menurunkan berat badan bisa didapatkan melalui konsumsi teh setiap hari. Ternyata walaupun dikatakan sehat sekalipun ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat meracik secangkir teh.

Kesalahan meracik teh ini ada pada penambahan bahan-bahan tertentu yang sebenarnya tak diperlukan dalam secangkir teh. Seringkali kesalahan-kesalahan ini dilakukan yang secara tak sadar membuat teh justru memberikan kalori yang tinggi dan manfaatnya berkurang.

Berikut ini 5 kesalahan meracik yang membuat teh jadi tak sehat menurut Eat This Not That:

Foto: Getty Images/iStockphoto

1. Terlalu Banyak Gula

Menambahkan gula dalam jumlah yang sedikit masih bisa dibilang aman dan diperbolehkan oleh ahli kesehatan. Sayangnya tak banyak yang mengetahui bahwa gula bisa masuk dalam berbagai bentuk dan jarang disadari.

Misalnya seperti penggunaan gula batu atau bahkan madu tetap dikategorikan sebagai konsumsi gula yang perlu diperhatikan. Menambahkan gula dan pemanis pada teh tidak berarti akan merusak komponen aktif yang baik di dalamnya. Hanya saja akan menambahkan kalori yang cukup berbahaya bagi tubuh.

Menambahkan gula di dalam teh dikatakan mampu membuat teh berubah menjadi kurang baik sangat cepat. Konsumsi teh dengan rasa asli tanpa penambahan bahan lainnya menjadi yang paling direkomendasikan oleh ahli.

Baca juga: Lagi Diet? 5 Teh Ini Ampuh Turunkan Berat Badan dengan Cepat




(dfl/odi)

Berita detikcom Lainnya
Berita Terpopuler

Video

Foto

detikNetwork