3 Cara Minum Kopi yang Tepat untuk Tingkatkan Produktivitas

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 03 Des 2021 07:00 WIB
3 Cara Minum Kopi yang Tepat untuk Tingkatkan Produktivitas Foto: Getty Images/iStockphoto/Ekkasit Jokthong
Jakarta -

Kopi jadi rutinitas sarapan yang tak terlewatkan oleh banyak orang. Kalau mau meningkatkan produktivitas di pagi hari dengan minum kopi, 3 cara ini bisa ditiru.

Konsumsi kopi di pagi hari seolah jadi kebutuhan bagi banyak orang untuk mendorong energi sekaligus menambah fokus mereka. Kehangatan secangkir kopi juga dinilai pas sebagai minuman pendamping sarapan.

Mengutip CNBC (16/11/21), konsumsi kopi juga dilaporkan meningkat semenjak adanya pandemi Covid-19. Pada September 2021, Cinch Home Services di Amerika Serikat melakukan survei terhadap 1.000 peminum kopi. Mereka menemukan 34% responden mengonsumsi kopi lebih banyak selama pandemi Covid-19.

Kemudian pegawai yang kerjanya berpindah-pindah (remote), mengonsumsi lebih banyak cangkir kopi ketimbang pegawai yang menetap di kantor. Jumlah perbandingannya 3,1 cangkir vs 2,5 cangkir setiap hari.

Laporan ini semakin dikuatkan dengan merek-merek coffee shop populer yang jadi favorit di Amerika Serikat. Dua merek teratas ditempati oleh Starbucks dan The Coffee Bean & Tea Leaf.

Lantas mengapa pegawai dan para pekerja sangat suka minum kopi? Survei Cinch Home Services juga mengungkap kalau 28% responden merasa kopi membuat mereka lebih produktif saat bekerja.

Hal ini memang benar, asalkan cara mengonsumsi kopinya juga tepat. Untuk memaksimalkan fungsi tersebut, inilah 3 cara minum kopi yang bisa meningkatkan produktivitas:

1. Jangan langsung minum kopi setelah bangun

3 Cara Minum Kopi yang Tepat untuk Tingkatkan Produktivitas3 Cara Minum Kopi yang Tepat untuk Tingkatkan Produktivitas Foto: Getty Images/iStockphoto/Ekkasit Jokthong

Meski kamu tergoda untuk menyeruput kopi langsung setelah bangun tidur, kebiasaan ini sebaiknya tidak dilakukan. Sebab kopi justru dapat menumpulkan level energi alami yang dihasilkan tubuh.

Pakar ilmu manajemen dan perilaku Daniel Pink telah meneliti ilmu waktu dan bagaimana hal itu dapat mempengaruhi produktivitas kita. Dalam bukunya "When: The Scientific Secrets of Perfect Timing," Pink mencatat, berdasarkan penelitian dari beberapa studi terungkap waktu terbaik untuk minum secangkir kopi di pagi hari.

Waktu itu adalah sekitar 60-90 menit setelah kamu bangun. Itu karena kafein mengganggu produksi kortisol, hormon yang memberi sinyal pada tubuh untuk bangun dan responsif. Menurut penelitian ini, kadar kortisol biasanya mencapai puncaknya sekitar pukul 08:30.

"Orang-orang menikmati secangkir kopi di pagi hari dengan cara yang hampir bikin ketagihan," kata Pink. Namun menurutnya, jauh lebih baik membiarkan hormon kortisol memuncak secara alami dulu. "Lalu ketika mulai menurun, masuk dan 'pukul' dengan dorongan kafein dari dalam kopi," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Kopi Trip: Ngopi sambil Edukasi di Alam Terbuka"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com