Selebgram Ini Diprotes Usai Makan Croissant Dicelup ke Kopi

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 28 Nov 2021 18:00 WIB
Ciri-ciri croissant yang bagus kualitasnya Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Seorang selebgram membagikan cara makan croissant ala orang Paris di Instagramnya. Namun bukannya dapat apresiasi, ia justru dicibir karena menunjukkan cara yang dianggap keliru.

Setiap negara punya budaya makanan khas yang patut dihargai oleh orang-orang di luar negara itu. Di Italia, misalnya, ada budaya menikmati kopi hingga pasta yang sebaiknya diikuti ketika seseorang mengunjungi negara tersebut.

Lalu di Prancis, ada budaya menikmati croissant yang umum dilakukan oleh orang-orang asli sana. Mereka menganggap croissant bukan sekadar pastry yang bisa dinikmati asal-asalan. Menikmati croissantpun ada tata caranya.

Tak heran jika fotografer dan selebgram ini langsung dapat banyak cibiran usai menunjukkan cara makan croissant. Carolin Lauffenburger mencelup croissant utuh ke dalam secangkir kopi lalu melahapnya.

Selebgram Ini Diprotes Usai Makan Croissant Dicelup ke KopiSelebgram Ini Diprotes Usai Makan Croissant Dicelup ke Kopi Foto: Instagram carolinlauffenburger

Di keterangan foto, ia dianggap sok tahu karena menulis, "Cara makan croissant seperti orang Paris." Uniknya, unggahan Carolin pada 12 Oktober 2021 ini baru viral belakangan ini. Video singkatnya sudah ditonton lebih dari 97 ribu kali.

Banyak juga orang Prancis yang mengomentari caranya makan croissant. Mereka menolak keras unggahan Carolin yang menunjukkan orang Paris makan croissant dicelup kopi.

Salah satunya bilang, nenek mereka bakal nangis kalau tahu croissant dimakan dengan cara seperti itu. "Tolong jangan lakukan itu. Saya pernah sekali melihat orang Amerika melakukan ini di Les Deux Magots, nenek saya hampir meneteskan air mata," katanya.

Netizen lain berkata, "Itu tindak kriminal, madam." Lalu disambar dengan komentar netizen lain, "Orang Prancis tidak mencelup croissant tapi memanggangnya dengan butter."

Selebgram Ini Diprotes Usai Makan Croissant Dicelup ke KopiSelebgram Ini Diprotes Usai Makan Croissant Dicelup ke Kopi Foto: Instagram carolinlauffenburger

Tapi tak semua netizen kontra dengan cara makan croissant ala Carolin. Ada juga orang Prancis yang bilang kalau mereka sebenarnya juga sering melakukan itu. "Kami mengambil pain au chocolat atau croissant dan menaruhnya di kopi atau cokelat panas sebelum memakannya," kata seorang netizen.

Sebenarnya bagaimana cara makan croissant yang umum dan diterima secara internasional? Mengutip National Post (27/11/21), Etiquette Scholar menulis croissant dimakan dengan tangan. Ketika memakan croissant dengan jelly atau selai, kamu perlu merobek croissant hati-hati hingga jadi potongan kecil dan taruh toppingnya.

Terlepas dari perdebatan soal cara makan croissant yang tepat ala orang Prancis, semuanya setuju bahwa croissant terasa paling enak saat dipanggang fresh. Tekstur dan cita rasa pastry khas Prancis ini terasa maksimal dalam keadaan baru dan hangat.



Simak Video "Krenyes Manis Croffle, Paduan Croissant dan Waffle"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com