Freddo Cappuccino ala Turki Ini Mirip Dalgona, Bakal Jadi Tren?

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 30 Nov 2021 18:30 WIB
Freddo Cappuccino ala Turki Ini Mirip Dalgona, Bakal Jadi Tren? Foto: Getty Images/iStockphoto/Rawf8
Jakarta -

Dalgona coffee sempat tren di awal pandemi Covid-19. Kini ada freddo cappuccino dari Turki yang tampilannya serupa dalgona coffee. Akankah minuman ini jadi tren?

Punya banyak penggemar, kreasi minuman kopi selalu dicari. Tak jarang muncul kreasi baru yang langsung viral karena tampilan, rasa, atau cara membuat minuman kopi itu mudah dicoba.

Sebut saja kopi dalgona atau dalgona coffee yang muncul saat awal-awal masa pandemi Covid-19 sekitar tahun 2020. Dalgona coffee begitu viral karena bisa dibuat hanya dengan 3 bahan dan tampilannya menarik.

Dalgona coffee diracik dari kopi instan, gula, dan air panas. Ketiganya perlu dikocok kuat hingga mengembang dan menghasilkan tekstur busa yang agak kaku.

Busa ini nantinya akan ditaruh di atas gelas berisi susu segar. Tampilan minuman kopi pun cantik seperti berlapis. Dalam pembuatannya, sekilas terlihat mudah, tapi nyatanya banyak yang gagal dalam proses pengocokan dalgona.

Freddo Cappuccino ala Turki Ini Mirip Dalgona, Bakal Jadi Tren?Freddo Cappuccino ala Turki Ini Mirip Dalgona, Bakal Jadi Tren? Foto: Getty Images/iStockphoto/Rawf8

Selain dalgona coffee, ada minuman kopi asal Turki yang mungkin bakal jadi tren. Tampilannya mirip dengan tekstur creamy dan berbusa (foamy) yang puaskan selera.

Namanya Freddo Cappuccino. Mengutip Times of India (23/11/21), minuman ini pada dasarnya adalah es kopi khas Yunani. Rasa dan teksturnya konon mirip Frappe, tapi sentuhan creamy-nya membuat minuman ini berbeda.

Freddo Cappuccino belakangan dipopulerkan oleh para food bloggers. Padahal kenyataannya, minuman ini sudah jadi menu favorit di hampir tiap kafe di Yunani, Cyprus, dan bahkan Italia.

Lantas apa beda Frappe dan Freddo? Meski terlihat sama, keduanya punya perbedaan mendasar. Frappe dibuat dari kopi instan, sedangkan Freddo memakai espresso shots (air kopi kental). Penambahan susu dan krim pada Freddo juga lebih banyak dibanding Frappe.

Untuk membuat cappuccino dingin ini sangat mudah. Resepnya pernah dibagikan food blogger Carolina Gelen. Ambil gelas kocok (shaker) dan masukkan 2 shots espresso bersama es yang sudah dihancurkan dan gula pasir.

Freddo Cappuccino ala Turki Ini Mirip Dalgona, Bakal Jadi Tren?Freddo Cappuccino ala Turki Ini Mirip Dalgona, Bakal Jadi Tren? Foto: Getty Images/iStockphoto/Rawf8

Kocok-kocok campuran ini sampai teksturnya berbusa dan berbuih serta creamy. Sisihkan.

Selanjutnya siapkan gelas, isi 3/4 bagiannya dengan thick cream atau kirim kental dan 1/4 bagiannya dengan susu. Tambahkan esens vanila. Pakai pengocok, kocok campuran ini sampai teksturnya mengental dan berbusa.

Sekarang, ambil gelas, tuangkan campuran kopi tadi, disusul dengan campuran cream dan susu yang sudah dibuat. Pastikan layer antara kopi dan campuran susu ini tidak tercampur agar ada sensasi rasa unik saat menikmatinya.

Freddo Cappuccino pun siap dinikmati. Kamu tertarik coba?



Simak Video "Kopi Trip: Ngopi sambil Edukasi di Alam Terbuka"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com