Kopi Campur Keju, Racikan Aneh yang Bikin Kopi Lebih Nikmat

Devi Setya - detikFood Selasa, 12 Okt 2021 05:00 WIB
Kopi Campur Keju, Racikan Aneh yang Bikin Kopi  Lebih Nikmat Foto: Getty Images/iStockphoto/bubasm
Jakarta -

Kopi campur susu sudah biasa, bagaimana dengan kopi campur keju? Tren racikan kopi ala Finlandia ini diklaim bikin kopi lebih nikmat dan sehat.

Kopi bisa dinikmati langsung tanpa campuran bahan apapun. Tapi untuk memberikan sensasi berbeda, beberapa orang kerap menambahkan bahan tertentu. Tentu penggemar kopi sudah familiar dengan racikan kopi campur susu, madu ataupun rempah. Tapi belum tentu tahu kalau kopi bisa dicampur keju.

Dilansir dari CoffeeAffection (11/10) racikan kopi campur susu populer di kalangan pencinta kopi di Finlandia. Kopi campur keju ini terkenal degan sebutan kaffeost. Di Finlandia, kaffeost termasuk minuman kopi paling laris. Hampir seluruh coffee shop di Finlandia punya menu ini.

Bukan hanya tersaji sebagai minuman di coffee shop tetapi kopi campur keju ini bisa juga jadi menu sarapan setiap pagi. Apalagi ketika musim dingin tiba, kaffeost jadi minuman andalan untuk menghangatkan tubuh.

Seperti apa kaffeost dan sensasi rasa unik racikan kopi ini? Berikut penjelasannya:

1. Minuman tradisional masyarakat Finlandia

Kaffeost adalah kombinasi kopi panas dan keju. Keju yang digunakan adalah keju leipƤjuusto yang jika diterjemahkan artinya keju roti. Meskipun disebut keju roti tapi kopi ini tidak dicampur roti sama sekali.

Kaffeost merupakan minuman tradisional yang sudah dikonsumsi secara turun temurun oleh masyarakat Finlandia. Kopi keju disajikan panas sehingga cocok jadi minuman sarapan ataupun ketika cuaca sedang dingin.

Beberapa orang yang baru mendengar ataupun tahu soal racikan kopi keju tentu akan menganggap minuman ini aneh. Apalagi kopi dan keju masing-masing memiliki rasa yang kuat dan saling mendominasi.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Mencicipi Kopi Khas Toba Racikan Hotman Tambunan Eks Pegawai KPK "
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com