Mau Bikin Kopi Nikmat? Perhatikan 5 Tips Menyeduh Kopi Ini

Devi Setya - detikFood Kamis, 07 Okt 2021 06:00 WIB
Mau Bikin Kopi Nikmat? Perhatikan 5 Tips Menyeduh Kopi Ini Foto: Getty Images/iStockphoto/bubasm
Jakarta -

Selera orang pada rasa kopi memang berbeda-beda. Kopi nikmat bukan hanya racikan para barista handal, kamu pun bisa membuat kopi nikmat di rumah.

Penggemar kopi pasti punya selera sendiri soal karakter kopi yang disukai. Biasanya para penggemar kopi ini punya biji kopi andalan, alat seduh andalan bahkan teknik seduh yang kerap digunakan untuk menghasilkan kopi nikmat.

Beberapa orang masih beranggapan kalau kopi enak hanya bisa diracik olah para barista di coffee shop, padahal kamu juga bisa menyeduh kopi yang aroma dan rasanya tak kalah enak. Apalagi kopi buatan rumah juga lebih hemat serta bisa dinikmati sepuasnya.

Dilansir dari Thrillist (10/6) seorang penulis buku The New Rules of Coffee, Jordan Michelman mengatakan untuk membuat kopi nikmat sebenarnya tidak membutuhkan alat mahal atau kemampuan khusus. Yang paling diperlukan hanyalah memahami karakter kopi dan trik menyeduhnya.

Berikut beberapa tips dan trik yang bisa diterapkan untuk membuat secangkir kopi nikmat:

1. Tidak perlu alat kopi mahal

Sebagian orang berpikir untuk memiliki alat pembuat kopi padahal ada beberapa alat yang dibanderol dengan harga tinggi. Jordan Michelman mengatakan, alat pembuat kopi yang harganya mahal belum tenu bisa menghasilkan kopi nikmat.

Yang kamu butuhkan untuk membuat kopi nikmat adalah biji kopi segar berkualitas tinggi, air, penggiling kopi yang baik, dan alat seduh kopi. Dengan modal ini, siapapun bisa membuat kopi nikmat. Untuk karakter rasa bisa disesuaikan dengan jenis kopi dan teknik penyeduhan.

"Anda dapat membuat kopi yang benar-benar nikmat di rumah dan tidak menghabiskan banyak uang," kata Jordan Michelman.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Kenalan dengan Liberika, Jenis Kopi Langka dengan Rasa Unik"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com