Jika Terlalu Sering Dikonsumsi, Minuman Ini Juga Bisa Bikin Gemuk

Devi Setya - detikFood Kamis, 02 Des 2021 05:00 WIB
Jika Terlalu Sering Dikonsumsi, Minuman Ini Juga Bisa Bikin Gemuk Foto: Getty Images/iStockphoto/nevodka

2. Soda diet

Jangan tertipu dengan label nol kalori dalam kemasan minuman soda diet. Minuman ini mengandung gula buatan yang sama bahayanya dengan gula biasa ketika dikonsumsi secara berlebihan.

"Penelitian menunjukkan bahwa pemanis buatan dapat berdampak negatif pada mikrobioma dalam tubuh dan menyebabkan intoleransi glukosa. Efeknya adalah mempersulit penurunan berat badan," kata Heather Hanks, MS, seorang ahli gizi dari Amerika Serikat.

"Bahkan ketika dikonsumsi dalam jumlah kecil, tubuh justru membutuhkan lebih banyak kalori daripada sebelum meminum minuman yang dimaniskan secara artifisial itu," lanjut Hanks.

Sebuah studi yang dilakukan tahun 2021 yang diterbitkan di JAMA Network Open menambah bukti bahwa minuman yang dibuat dengan pemanis buatan seperti sucralose dapat merangsang nafsu makan. Dengan demikian orang yang sedang diet justru akan merasa sering lapar.

Jika Terlalu Sering Dikonsumsi, Minuman Ini Juga Bisa Bikin GemukJika Terlalu Sering Dikonsumsi, Minuman Ini Juga Bisa Bikin Gemuk Foto: Getty Images/iStockphoto/nevodka

3. Kopi Racikan

Secangkir kopi hitam setiap hari terbukti membantu melancarkan metabolisme dalam tubuh. Salah satu manfaatnya adalah penurunan berat badan dan dampak positif pada kesehatan. Tapi lain halnya dengan kopi olahan.

Kopi dengan tambahan gula, krimer, cokelat, karamel bahkan whipping cream dijamin bikin badan langsung melar.

"Kopi hitam tidak akan menyebabkan penambahan berat badan, dan justru dalam beberapa kasus dapat menurunkan berat badan," kata Trista Best, RD, ahli diet di Balance Once.

Tetapi tambahan pemanis berkalori tinggi dan krimer tinggi lemak yang ditambahkan dalam kopi bisa memicu timbunan lemak. Jadi usahakan untuk memilih kopi hitam dibanding kopi dengan berbagai bahan tambahan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video " Masak Masak: Resep Minuman Penambah Imun ala Chef Martin Praja"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com