ADVERTISEMENT

10 Makanan Rendah Karbohidrat dan Kalori yang Bagus Buat Diet

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Sabtu, 27 Nov 2021 05:00 WIB
Tingkatkan Gairah Seksual, Konsumsi Seledri Secara Rutin
Foto: Getty Images/iStockphoto/Napadon Srisawang
Jakarta -

Jalani diet rendah karbohidrat, bukan berarti harus mengonsumsi makanan tinggi kalori. Ada 10 makanan rendah karbohidrat yang sifatnya juga rendah kalori sehingga cocok untuk diet.

Saat mendengar diet rendah karbohidrat, mungkin kamu membayangkan makanan tinggi kalori dan lemak sebagai gantinya. Faktanya, diet rendah karbohidrat bukan berarti beralih pada konsumsi makanan seperti itu.

Ada banyak makanan rendah karbohidrat yang nilai kalorinya juga kecil sehingga membantu penurunan berat badan lebih cepat. Jenis makanan ini terbagi dalam kelompok sayur, buah, dan sumber protein.

Melansir Cooking Light (26/11/21), inilah 10 makanan rendah karbohidrat yang juga rendah kalori:

1. Kubis

Kubis adalah jenis sayuran silang yang mudah didapat di Indonesia. Harganya murah dan teksturnya yang renyah paling enak diolah dengan cara ditumis. Satu cup kubis hanya mengandung 17 kkal dan 2 gram karbohidrat.

Penelitian juga membuktikan kubis punya senyawa yang ampuh untuk melawan sel-sel kanker. Nutrisi lainnya, kubis tinggi vitamin C, A, dan K. Juga serat, folat, potassium, dan magnesium.

2. Melon oranye

Cantaloupe melon isolated on white background. Juicy and sweet cantaloupe melon isolated on white backgroundFoto: iStock

Cantaloupe atau sering disebut melon oranye juga bisa jadi pilihan menu diet rendah karbohidrat. Tiap 1 cup melon ini mengandung 60 kkal dan 11.2 gram karbohidrat.

Di balik rasa manisnya yang lembut, cantaloupe tinggi kandungan serat dan air. Karenanya mengonsumsi buah ini bisa menghadirkan rasa kenyang dan puas. Bonus lainnya adalah mengasup potassium, magnesium, zat besi, dan kalsium untuk tubuh.

3. Kembang kol

Serupa kubis, kembang kol juga termasuk kelompok sayuran silang yang rendah karbohidrat. Tiap 1 cup kembang kol mengandung 25 kkal dan 2.8 gram karbohidrat. Soal nutrisi, kembang kol juga bersifat pelawan kanker dan tinggi serat.

Sayuran yang enak ditumis ini juga merupakan sumber vitamin C, K, potassium, dan kalsium yang bagus. Kembang kol tergolong makanan penghidrasi karena tinggi kandungan air.



Simak Video "Pedas Menggugah Sambal Cobek Bakar dengan Aneka Lauk"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT