6 Makanan dan Minuman Pereda Sakit Tenggorokan, Rasanya Enak!

ADVERTISEMENT

6 Makanan dan Minuman Pereda Sakit Tenggorokan, Rasanya Enak!

Diah Afrilian - detikFood
Selasa, 30 Nov 2021 08:00 WIB
8 Makanan untuk Atasi Sakit Tenggorokan, Ada Sup Ayam hingga Pisang
Foto: Getty Images/iStockphoto/seb_ra

2. Teh Jahe

Teh jahe sudah secara turun temurun digunakan sebagai solusi dari banyak keluhan kesehatan. Salah satunya sakit tenggorokan. Faktanya pada tahun 2013, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa air panas dengan ekstrak jahe dapat membantu menjaga saluran pernapasan dari virus yang dapat menginfeksi.

"Minum teh jahe dapat memberikan manfaat saat sedang dalam kondisi yang tidak baik. Ada beberapa hasil yang terlihat menunjukan teh jahe dapat mengatasi sakit tenggorokan dan meringankan pernafasan yang tersumbat, tetapi masih membutuhkan penelitian lebih dalam yang harus dilakukan," kata Gorin.

3. Teh Chamomile

Herbal tea with lemon slice on a white wooden table with chamomile plants and cinnamon.Foto: dok. detikFood

Jika kurang menyukai sensasi jahe yang terlalu pedas, kamu bisa menggantinya dengan teh chamomile. Minuman ini tersedia di beberapa minimarket hingga supermarket dalam bentuk kemasan kantong celup.

Menurut Amber Robins, selaku dokter pengobatan keluarga bersertifikat, teh chamomile menjadi minuman yang sangat tepat untuk meredakan inflamasi terutama pada tenggorokan. Ditambah manfaat chamomile yang mampu memberikan relaksasi, meningkatkan imunitas hingga membantu tubuh mengalami penyembuhan yang lebih cepat membuat teh chamomile begitu disarankan untuk dikonsumsi seluruh anggota keluarga.

4. Teh Peppermint

Teh peppermint menjadi minuman hangat lainnya yang yang paling populer dikonsumsi ketika seseorang sakit tenggorokan. Peppermint mengandung komponen spearmint yang memiliki efek antiinflamasi dan mampu meredakan sakit saat menelan hingga kering dan gatal pada tenggorokan. Selain itu, jika dinikmati selagi hangat, Robin juga mengungkapkan teh peppermint mampu mengatasi hidung tersumbat.

"Mirip seperti penguapan pada vaporizer atau air hangat, uap yang datang dari teh peppermint juga mampu mengurangi penyumbatan pernapasan," kata Robin.

Baca juga: Tips Diet Shanty Denny yang Turun BB 14 Kg, Konsumsi 7 Makanan Ini

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT