Tips Diet Shanty Denny yang Turun BB 14 Kg, Konsumsi 7 Makanan Ini

Diah Afrilian - detikFood
Selasa, 23 Nov 2021 08:00 WIB
Tips Diet Shanty Denny yang Turun BB 14 Kg, Konsumsi 7 Makanan Ini
Foto: Instagram shantydenny/iStock
Jakarta -

Memiliki tubuh yang proporsional dengan berat badan yang seimbang seolah jadi tuntutan untuk publik figur. Tampil prima di layar kaca membuat mereka harus menjaga bentuk tubuh yang ideal.

Istri dari komedian, Denny Cagur, juga aktif sebagai aktris dan YouTuber. Namanya cukup populer karena tak jarang bolak-balik di layar kaca hingga diundang menjadi bintang tamu di berbagai acara televisi.

Banyaknya pekerjaan yang mengharuskan tampil di depan layar membuat Shanty Denny harus menjaga tubuhnya termasuk untuk menjaga kesehatan dan kebugarannya. Berkonsultasi ke dokter gizi langganannya, Shanty Denny bahkan punya menu sendiri yang biasa dikonsumsinya setiap hari.

Menjalani diet defisit kalori dengan porsi makan dan penentuan bahan makan yang ketat, dalam 4 bulan Shanty Denny bahkan berhasil menurunkan berat badan hingga 14 kilogram. Dirinya yang semula memiliki bobot tubuh 67 kilogram bisa menurunkan berat badannya menjadi 53 kilogram.

Berikut ini 7 menu makan yang biasa dikonsumsi Shanty Denny setiap hari:

Tips Diet Shanty Denny yang Turun BB 14 Kg, Konsumsi 7 Makanan IniTips Diet Shanty Denny yang Turun BB 14 Kg, Konsumsi 7 Makanan Ini Foto: Instagram shantydenny/iStock

1. Putih Telur

Jika kebanyakan orang yang menjalani diet cenderung melewatkan sarapan atau mengganti menu sarapan dengan jus maupun oatmeal, berbeda dengan Shanty. Hasil dari konsultasinya dengan dokter di klinik gizi langganannya, ia diminta mengonsumsi menu sarapan tinggi protein.

Dua buah telur dan hanya bagian putihnya saja yang dimakan sebagai menu sarapan tinggi protein bagi Shanty. Untuk menambahkan rasanya, ia kerap memberikan kecap agar tidak terlalu hambar.

2. Nasi Putih

Walaupun menjalani diet, Shanty Denny juga tidak mengubah jenis beras yang dikonsumsinya. Tetap mengonsumsi beras putih seperti makan biasa, hanya saja porsi dari nasi putihnya disesuaikan dan dikurangi.

Pada saat makan siang, tepat pukul 12 siang, Shanty Denny akan mengonsumsi dua sendok makan nasi putih yang dilengkapi lauk berupa sayuran dan ayam maupun ikan. Tak hanya makan siang, saat malam hari dirinya juga mengaku tetap mengonsumsi nasi putih, hanya saja porsi dikurangi kembali menjadi tiga sendok makan saja.

Baca juga: 5 Tips Langsing Permanen dari dr. Shindy, Kakak RiaRicis

3. Sayuran Hijau

Sebagai pelengkap waktu makan utama atau saat mengonsumsi nasi putih, Shanty Denny juga melengkapi menunya dengan sayuran hijau. Tidak dimasak menggunakan banyak minyak, semua jenis sayuran hijau yang dimakannya hanya akan dimasak tanpa minyak atau direbus dengan tambahan bumbu berupa irisan bawang merah dan bawang putih, garam himalaya serta merica bubuk.

Menu berupa sayuran hijau ini harus selalu hadir mendampingi waktu makan nasi yang telah ditentukan. Baik pada waktu makan siang maupun makan malam. Adapun porsi dari menu sayuran yang dikonsumsi ini hanya sebatas dua sendok makan setiap waktu makannya saja.

4. Ayam Tanpa Lemak

Tips Diet Shanty Denny yang Turun BB 14 Kg, Konsumsi 7 Makanan IniTips Diet Shanty Denny yang Turun BB 14 Kg, Konsumsi 7 Makanan Ini Foto: Instagram shantydenny/iStock

Selain sayur, menu protein juga dihadirkan untuk melengkapi nutrisi makanan. Pilihan menu daging ayam tanpa tulang dan tanpa lemak menjadi lauk pelengkap saat waktu makan utama telah tiba. Setiap kali waktu makan tiba, daging ayam yang dikonsumsi dibatasi hanya pada berat 55 gram saja.

Ayam yang dikonsumsi juga tidak boleh dimasak dengan cara digoreng atau ditambahkan santan. Cukup dibumbui dengan garam dan merica, Shanty biasanya akan menumis ayam tanpa menggunakan minyak hingga matang dan langsung dinikmati sebagai lauk pelengkap nasi putih.

5. Ikan Laut

Saat bosan dengan ayam sebagai lauk pelengkapnya, Shanty Denny juga mengungkapkan menu tersebut bisa saja diganti sesuai selera. Alternatif yang disarankan adalah berbagai jenis ikan laut yang bisa dimasak sama seperti ayam.

Misalnya ikan tongkol, ikan tuna, ikan kakap atau berbagai jenis ikan laut lainnya akan ditinmbang seberat 55 gram. Dibumbui hanya dengan menggunakan garam dan merica ikan ini bisa dimasak tanpa minyak dan disajikan sebagai lauk pelengkap saat makan nasi putih.

Baca juga: Hati-Hati! 5 Kesalahan Minum Kopi Ini Bisa Bikin Kamu Cepat Tua

6. Buah Melon

Disela-sela antara waktu makan siang dan makan malam, ada waktu camilan yang diisi dengan buah-buahan yang sehat. Walaupun mengonsumsi buah termasuk makanan sehat dan tidak berkalori, tetapi Shanty mengatakan tetap ada batasan yang harus dijaga.

Saat siang hari, dirinya mengaku hanya akan makan buah melon sebanyak 75 gram. Kemudian buah melon akan kembali dikonsumsi di malam hari sekitar jam 9 malam atau sebagai makanan penutup dengan porsi yang diturunkan menjadi 50 gram.

7. Air Putih

Tips Diet Shanty Denny yang Turun BB 14 Kg, Konsumsi 7 Makanan IniTips Diet Shanty Denny yang Turun BB 14 Kg, Konsumsi 7 Makanan Ini Foto: Instagram shantydenny/iStock

Selain makanan dan waktu makan yang sangat diatur ketat ada hal-hal yang harus dijalani setiap hari dan sepanjang hari. Tidak pernah melupakan minum air putih dan selalu mengonsumsi air putih dengan batas minimal harus dilakukan agar diet yang dilakukan ini berhasil dan efektif.

Setiap harinya, Shanty Denny mengungkapkan dirinya harus menghabiskan hingga minimal 3 liter air putih. Ia juga selalu menyediakan dua buah botol air mineral berukuran besar yang setara dengan 1,5 liter untuk dihabiskannya setiap hari. Bahkan sesekali dirinya juga mengatakan bisa minum lebih banyak dari batas minimal yang ditentukan tersebut.

Baca juga: 5 Menu Diet Singset ala Ivan Gunawan yang Bikin Dirinya Turun 21 Kg!

(dfl/adr)