Hati-Hati! 5 Kesalahan Minum Kopi Ini Bisa Bikin Kamu Cepat Tua

Diah Afrilian - detikFood Minggu, 21 Nov 2021 05:00 WIB
young chinese woman sitting next to windows in cafe. Foto: thinkstock
Jakarta -

Populer sebagai penambah energi, tak banyak tahu ada hal yang harus diperhatikan saat minum kopi. Lima kesalahan ini bahkan bisa membuat kamu cepat tua!

Segelas kopi menjadi pembuka hari yang paling populer untuk menambah energi. Kandungan kafein yang kuat pada kopi membuat produksi energi di pagi hari melonjak tajam dan cocok untuk dinikmati sebelum memulai aktivitas.

Tidak hanya dapat memberikan energi secara instan, kopi ternyata juga memiliki berbagai manfaat sehat. Kandungan antioksidan yang begitu tinggi di dalam kopi dikatakan mampu mengatasi inflamasi hingga mencegah keluhan pada kesehatan kardiovaskular.

Tetapi faktanya, masih banyak cara yang salah saat menikmati secangkir kopi. Kesalahan-kesalahan tersebut bahkan diungkapkan ahli mampu memberikan efek penuaan yang lebih cepat bagi penikmat kopi.

Berikut ini 5 kesalahan minum kopi yang memicu penuaan menurut Eat This, Not That (19/11):

Asian woman smiling and drinking coffee at cafeFoto: thinkstock

1. Minum Kopi Saja Sebagai Sarapan

Berkali-kali para ahli kesehatan menekankan pentingnya sarapan yang harus dikonsumsi sebelum memulai aktivitas setiap hari. Maka adalah kesalahan yang sangat besar jika mengganti menu sarapan dengan menu yang lain termasuk hanya minum secangkir kopi.

Namun kesalahan ini menjadi kesalahan yang paling banyak terjadi, karena kopi hitam dianggap lebih rendah kalori dan lebih sehat dibandingkan dengan mengkonsumsi sarapan. Dibandingkan langsung meminum secangkir kopi sebagai pembuka hari, sebaiknya mengonsumsi menu sarapan yang lebih sehat seperti potongan buah, biji-bijian, kacang-kacangan atau bahan makanan yang tinggi akan antioksidan lainnya.

"Melewatkan waktu makan utama ini (sarapan) dapat menyebabkan pola makan yang kurang bergizi. Khususnya yang bertentangan dengan penuaan yang sehat," kata Lina Moskovitz selaku ahli dan konsultan nutrisi.

Baca juga: 5 Tips Langsing Permanen dari dr. Shindy, Kakak Ria Ricis

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com