Kopi dan Teh Diklaim Bisa Cegah Stroke dan Demensia, Segini Porsinya

Diah Afrilian - detikFood Senin, 22 Nov 2021 05:00 WIB
Kopi dan Teh Diklaim Bisa Cegah Stroke dan Demensia, Segini Porsinya Foto: Getty Images/iStockphoto/lechatnoir
Jakarta -

Punya komponen aktif yang sangat baik, minum teh dan kopi dipercaya memiliki khasiat. Konsumsi dua cangkir teh dan dua cangkir kopi dikatakan mampu mencegah stroke dan demensia.

Kopi dan teh menjadi minuman yang paling populer untuk dikonsumsi saat pagi hari. Selain menu sarapan yang bergizi, banyak orang yang mengaku tak bisa lepas dari kopi maupun teh di pagi hari sebelum beraktivitas.

Teh dan kopi memiliki kadar kafein yang mampu memberikan lonjakan energi maupun memiliki fungsi antioksidan yang sangat baik. Hal ini menyebabkan konsumsi teh dan kopi sering direkomendasikan para ahli dengan ketentuan dan kadar yang ditetapkan keamanannya.

Banyak sekali penelitian yang telah dilakukan untuk terus membuktikan manfaat dan khasiat sehat yang bisa didapatkan melalui konsumsi teh maupun kopi. Melibatkan lebih dari 500 ribu partisipan, para peneliti mencoba mengungkap manfaat kopi untuk kardiovaskular dan kesehatan otak.

Baca juga: Lagi Diet? 5 Teh Ini Ampuh Turunkan Berat Badan dengan Cepat

Kopi dan Teh Diklaim Bisa Cegah Stroke dan Demensia, Segini PorsinyaKopi dan Teh Diklaim Bisa Cegah Stroke dan Demensia, Segini Porsinya Foto: Getty Images/iStockphoto/lechatnoir

Mengutip Daily Mail (18/11), konsumsi dua cangkir kopi dan teh dikatakan mampu memangkas risiko penyakit stroke dan demensia atau kepikunan. Para peneliti dari China telah melakukan pengamatan terhadap 500 ribu orang selama 10 tahun periode penelitian. Para partisipan juga ditanya jenis minuman yang dikonsumsi, baik dingin maupun hangat.

Hasilnya ditemukan bahwa partisipan yang mengonsumsi dua cangkir kopi dan dua cangkir teh per hari memiliki kecenderungan mengalami stroke tiga kali lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi teh dan kopi. Bahkan kecenderungan partisipan untuk mengalami demensia juga menurun hingga 28%.

Bahkan melihat hanya dari intensitas mengonsumsi teh dan kopi saja ditemukan berbagai manfaat yang bisa didapatkan oleh partisipan. Termasuk para orang dewasa yang hanya mengonsumsi keduanya sebanyak satu cangkir saja.

Tetapi menurut ungkapan dari tim peneliti, dr Yuan Zhang, diakui bahwa penemuan ini mungkin saja dipengaruhi oleh beberapa hal. Salah satunya melalui konsumsi kedua minuman yang disajikan dalam bentuk hangat oleh para partisipan.

"Penemuan kami menyarankan konsumsi rata-rata teh atau kopi secara terpisah, atau kombinasi, yang dikaitkan dengan penurunan risiko stroke dan demensia," kata dr Yuan Zhang.

Baca juga: 5 Tips Langsing Permanen dari dr. Shindy, Kakak Ria Ricis

Kopi dan Teh Diklaim Bisa Cegah Stroke dan Demensia, Segini PorsinyaKopi dan Teh Diklaim Bisa Cegah Stroke dan Demensia, Segini Porsinya Foto: Getty Images/iStockphoto/lechatnoir

Penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan dari Tianjin Medical University in bahkan telah dipublikasikan pada jurnal PLoS Medicine. Partisipan yang terlibat merupakan orang dewasa dengan rentang usia antara 50 hingga 74 tahun yang hidup pada tahun 2006-2010.

Selain itu, penelitian terdahulu dari Australia juga mempublikasikan manfaat dari minum kopi sebanyak enam cangkir per hari. Hasilnya partisipan yang terlibat ditemukan memiliki penurunan risiko demensia sebanyak 53%.

Tetapi beberapa ahli menunjukkan bahwa polifenol dalam minuman panas yang juga ditemukan pada blueberry dan cokelat mampu menurunkan risiko gangguan pada neurodegeneratif.

dr Rosa Sancho, selaku kepala penelitian di pusat penelitian Alzheimer Inggris mengatakan bahwa penelitian masih belum terlalu jelas dan butuh pengamatan lanjutan. Pasalnya, belum terlihat efek yang ditimbulkan secara kebiasaan jangka panjang dari konsumsi dua cangkir kopi dan dua cangkir teh setiap hari untuk mencegah stroke dan demensia.

Baca juga: Resto Salt Bae ke-28 Dibuka di Arab Saudi, Segini Harga Menunya



Simak Video "Kopi Trip: Ngopi sambil Edukasi di Alam Terbuka"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com