Lagi Diet? 5 Teh Ini Ampuh Turunkan Berat Badan dengan Cepat

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 04 Nov 2021 08:00 WIB
5 Teh Herbal Penambah Imunitas Ini Bagus Dikonsumsi Saat Pandemi Foto: Getty Images/iStockphoto/Maya23K
Jakarta -

Menurunkan berat badan tidak hanya mengatur pola makan. Para ahli menyarankan konsumsi lima jenis teh yang juga ampuh untuk bantu turunkan berat badan dengan cepat.

Teh menjadi minuman herbal yang dikatakan paling banyak manfaatnya. Bahkan sebuah penelitian observasional menemukan bahwa minum dua hingga tiga cangkir teh per hari dikaitkan dengan penurunan risiko kematian dini yang disebabkan oleh penyakit jantung, diabetes tipe 2, hingga stroke.

Berbagai penelitian juga menyebutkan bahwa teh mampu membantu menurunkan berat badan dengan lebih cepat dan efektif. Hal ini disebabkan oleh kandungan teh yang rendah kalori, bahkan hampir tidak ada, dan cocok untuk menggantikan minuman-minuman yang tinggi kalori.

"Teh mengandung katekin yang dapat meningkatkan metabolisme dengan stimulasi tubuh untuk menghancurkan lemak lebih cepat dan membakar lebih banyak kalori," kata Sarah Koszyk selaku penulis 365 Snacks for Every Day.

Berikut ini 5 jenis teh yang ampuh untuk turunkan berat badan menurut Everyday Health (26/10):

Glass cup with fresh green tea and mint.Foto: Getty Images/iStockphoto/DevMarya

1. Teh Hijau

Sebuah penelitian terdahulu yang melibatkan hingga 1.200 pria dan wanita di Taiwan menemukan bahwa orang yang minum setidaknya dua cangkir teh hijau per hari diketahui selama 10 tahun memiliki kadar lemak tubuh yang lebih rendah dan lingkar pinggang yang lebih kecil dibandingkan yang tidak mengonsumsi teh hijau. Observasi yang dilakukan ini melihat tidak ada hubungan sebab akibat dari minum teh dan menurunkan berat badan.

Selain itu, penelitian lain juga menyebutkan bahwa ada hubungan langsung antara teh hijau dengan penurunan berat badan. Penelitian ini dibatasi oleh ukuran badan di awal penelitian serta lamanya periode penelitian. Hasilnya 10 pria sehat mampu membakar 263,5 kalori dalam 24 jam setelah mengonsumsi ekstrak teh hijau tiga kali dalam sehari.

Efek pembakaran kalori yang ada pada teh hijau ini diperkirakan datang dari kombinasi komponen Epigallocatechin Gallate (EGCG) dengan kafein. Menurut penjelasan jurnal Nutricion Hospitalaria yang terbit pada Juni 2017 lalu juga dikatakan bahwa teh hijau hanya bisa efektif setelah dikombinasikan dengan 80 - 300 miligram kafein.

Baca juga: 7 Buah yang Bagus untuk Diet dan Ampuh Turunkan Berat Badan

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Opak Green Tea, Camilan Manis Kaya Khasiat"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com