Ini 5 Hal yang Terjadi pada Tubuh Saat Kamu Makan Daging Babi

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 19 Nov 2021 08:00 WIB
Ini 5 Hal yang Terjadi pada Tubuh Saat Kamu Makan Daging Babi Foto: Getty Images/iStockphoto/Bartosz Luczak

4. Kemungkinan infeksi parasit

Seperti yang ditekankan para ahli kesehatan, daging babi harus dimasak dengan sempurna. Konsumsi daging babi mentah dan tak matang sempurna sangat berbahaya bagi kesehatan.

"Konsumsi protein hewani memiliki risiko keracunan makanan karena adanya kontaminasi silang atau temperatur masak yang tidak tepat," kata Best. Daging babi sendiri memiliki parasit yang dikenal dengan nama cacing pita, serta cacing gelang trichinella parasit. Makan daging babi mentah atau setengah matang dapat menyebabkan infeksi parasit yang serius dan terkadang mengancam nyawa.

5. Memicu obesitas

Ini 5 Hal yang Terjadi pada Tubuh Saat Kamu Makan Daging BabiIni 5 Hal yang Terjadi pada Tubuh Saat Kamu Makan Daging Babi Foto: Getty Images/iStockphoto/Bartosz Luczak

Mengonsumsi daging babi terlalu banyak juga erat kaitannya dengan obesitas. Hal ini sebenarnya bukan hanya disebabkan oleh daging babi, melainkan juga daging merah lainnya seperti daging sapi.

Hal ini lantaran daging babi tinggi kandungan lemak dan protein. Penelitian yang dilakukan tahun 2014 dengan sampel dari 1 juta peserta membuktikan daging babi berkaitan dengan kenaikan berat badan berlebih.

Untuk diketahui, tiap 100 gram daging babi giling matang mengandung 297 kkal, 25,7 gram protein, dan 20,8 gram lemak. Jenis lemak yang terkandung pada daging babi adalah lemak jenuh dan lemak tak jenuh tunggal.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Nasib Kripto Pasca Fatwa Haram MUI"
[Gambas:Video 20detik]

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com