Ini Jamon Iberico, Paha Babi yang Jadi Makanan Termahal di Dunia

Devi Setya - detikFood Rabu, 17 Nov 2021 19:00 WIB
Ini Jamon Iberico, Paha Babi yang Jadi Makanan Termahal di Dunia Foto: Getty Images/MEDITERRANEAN
Jakarta -

Ada beberapa makanan yang memiliki label sebagai makanan termahal di dunia. Salah satunya jamon iberico, daging ham yang berasal dari paha babi Spanyol. Apa istimewanya?

Jamon iberico adalah sebutan untuk daging ham yang terbuat dari babi Spanyol. Ham ini berasal dari jenis babi hitam Iberia. Konon kabarnya, bagian paha daging babi ini punya rasa sangat lezat.

Kelezatan rasa jamon iberico ini diperoleh dari berbagai faktor, salah satunya karena babi diberi pakan biji gandum dan biji pohon ek. Hal inilah yang dipercaya membuat rasa daging babi jadi makin lezat.

Saking lezatnya ham ini, banyak orang mencarinya. Namun karena keterbatasan persediaan serta kualitasnya yang premium menjadikan jamon iberico dibanderol dengan harga mahal.

Satu potong bagian paha ham jamon iberico dengan berat sekitar dibanderol mulai 5,8 kilogram sampai 7,7 kilogram dibanderol dengan harga US $ 1.400 atau setara Rp 19,9 juta.

Seperti apa istimewanya jamon iberico ini? Berikut faktanya!

1. Daging ham dari babi Spanyol

Jamon iberico berasal dari babi Spanyol yang diolah dengan cara dikeringkan sehingga bisa awet disimpan lama. Bukan sembarang babi, ham jamon iberico hanya dibuat menggunakan jenis babi hitam.

Babi yang dipelihara ini diberi pakan biji gandum. Pakan inilah yang disebut-sebut menghasilkan daging yang kaya rasa. Selain gandum, pakan lainnya yakni biji pohon ek yang membuat rasa dan aromanya lebih lezat.

Babi dilepas liarkan dalam lahan luas. Peternakan di provinsi Extremadura, dekat dengan perbatasan Portugal menjadi salah satu daerah penghasil daging ham jamon iberico terbaik.

Ham jamon iberico dinobatkan sebagai salah satu makanan termahal di dunia. Sama halnya seperti jamur truffle putih dan hitam dan caviar.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Cetar! Ibu Kantin ITC Mangga Dua Ini Jualan Pakai Bulu Mata 'Anti Badai'"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com