Ini 5 Hal yang Terjadi pada Tubuh Saat Kamu Makan Daging Babi

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 19 Nov 2021 08:00 WIB
Ini 5 Hal yang Terjadi pada Tubuh Saat Kamu Makan Daging Babi Foto: Getty Images/iStockphoto/Bartosz Luczak

2. Tingkatkan asupan zinc hingga zat besi

Selain sumber protein, konsumsi daging babi juga bisa meningkatkan asupan zat gizi mikro berupa vitamin dan mineral, seperti zinc dan zat besi. Hal ini amat bermanfaat mengingat konsumsi vitamin dan mineral banyak orang masih tergolong rendah.

"Daging babi bisa menjadi sumber zinc dan zat besi. Daging babi juga merupakan sumber selenium yang berperan penting dalam fungsi tiroid," kata Best. Hanya saja konsumsi daging babi tetap harus diperhatikan.

Best menyarankan konsumsi daging babi dengan cara sehat. Pilih yang bukan olahan, rendah lemak, dan dimasak dengan sempurna. Konsumsi daging babi secukupnya, jangan berlebihan.

3. Risiko terkena penyakit kardiovaskular

Ini 5 Hal yang Terjadi pada Tubuh Saat Kamu Makan Daging BabiIni 5 Hal yang Terjadi pada Tubuh Saat Kamu Makan Daging Babi Foto: Getty Images/iStockphoto/Bartosz Luczak

Daging babi mengandung sodium dalam jumlah tinggi. Sodium memang punya peranan untuk kesehatan, namun seringkali konsumsinya berlebihan sehingga malah berdampak buruk.

Sodium utamanya terkandung dalam daging babi olahan seperti sosis, bacon, dan ham. Ketiga produk ini faktanya banyak dikonsumsi, terutama oleh orang-orang di negara Barat.

Contohnya dalam produk sosis babi standar mengandung 400 mg sodium per sajian, yang mana sudah sekitar 20% dari kebutuhan harian. Best juga mengingatkan untuk berhati-hati dengan kandungan lemak daging babi.

"Daging babi bisa dalam versi berlemak atau minim lemak, layaknya jenis daging kebanyakan. Ketika memilih produk daging babi, konsumen harus hati-hati mengenai kualitasnya. Pilih yang rendah lemak," kata Best.

Ia menyebut lemak jenuh pada daging babi merusak kesehatan jantung jika dikonsumsi berlebihan. Dampaknya bisa memicu penyakit jantung, stroke, dan obesitas.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Nasib Kripto Pasca Fatwa Haram MUI"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com