Apakah Minuman Diklaim Tanpa Gula Benar-benar Lebih Sehat?

Yenny Mustika Sari - detikFood Kamis, 18 Nov 2021 15:00 WIB
Minuman Tanpa Gula, Apakah Sehat? Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Banyak produk minuman yang menyertakan klaim 'tanpa gula' atau 'zero sugar', namun rasanya tetap manis. Lantas, apakah benar minuman tersebut lebih sehat?

Salah satu kriteria minuman sehat adalah tanpa mencampurkan gula ke dalamnya. Karena hal itu, banyak produk minuman yang mengklaim kalau tak memiliki campuran gula atau kerap disebut 'zero sugar'. Biasanya terdapat di minuman bersoda dan jus.

Banyak orang yang memilih alternatif minuman tanpa gula atau zero sugar ini sebagai pilihan yang lebih sehat. Karena walaupun dikemas tanpa gula, rasanya tetap manis dan seperti minuman pada umumnya.

Lantas, apakah minuman tersebut benar-benar lebih sehat?

Minuman Tanpa Gula, Apakah Sehat?Minuman Tanpa Gula, Apakah Sehat? Foto: Getty Images/iStockphoto

Baca Juga: Resep Bihun Goreng Ayam Cincang yang Gurihnya Spesial

Dilansir dari Mothership (13/11), minuman tanpa gula ini memiliki rasa manis karena tetap mencampurkan pemanis. Namun, pemanis yang digunakan bukanlah gula melainkan pemanis alami seperti yang berasal dari tanaman stevia.

Tanaman stevia yang digunakan sebagai pemanis alami yang memiliki nama steviol glikosida yang rasanya 300 kali lebih manis dari gula. Walaupun lebih manis dari gula, namun pemanis alami yang berasal dari bagian timur laut Paraguay ini lebih rendah kalori, bahkan tak ada kandungannya sama sekali.

Kalpana Bhaskaran yang merupakah Presiden Diabetes di Singapura ini mengatakan kalau pemanis alami tersebut dapat digunakan sebagai alternatif konsumsi gula. Baik dikonsumsi oleh penderita diabetes yang dianjurkan untuk menghindari gula.

Kalpana juga menjelaskan kalau pemanis alami seperti stevia yang biasa digunakan pada minuman 'zero sugar' itu tidak dapat menyebabkan kerusakan pada gigi. Slain itu, mereka juga dapat membantu dalam mengontrol berat badan.

Minuman Tanpa Gula, Apakah Sehat?Minuman Tanpa Gula, Apakah Sehat? Foto: Getty Images/iStockphoto

Baca Juga: Atlet Bulutangkis Indonesia Open Kegirangan Disuguhi Banyak Indomie

Berbeda halnya dengan gula yang di dalamnya mengandung 16-20 kalori per sendok teh. Artinya, satu kaleng minuman manis mengandung 10 sendok teh gula tambahan atau sekitar 160 kalori.

Kalpana juga menjelaskan soal diabetes yang kerap dikaitkan dengan tingginya indeks glikemik yang biasanya terdapat pada karbohidrat. Pemanis dengan kalori rendah pada minuman zero sugar juga mengandung karbohidrat, namun mudah dicerna. Sehingga tidak menyebabkan lonjakan kadar glukosa darah.

Baca Juga: Atlet Bulutangkis Indonesia Open Kegirangan Disuguhi Banyak Indomie



Simak Video " Masak Masak: Resep Minuman Penambah Imun ala Chef Martin Praja"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com