7 Manfaat Konsumsi Pisang, Buah Favorit untuk Sarapan

Diah Afrilian - detikFood
Kamis, 18 Nov 2021 06:00 WIB
Manfaat Pisang untuk Wanita
Foto: Thinkstock

6. Turunkan Kadar Kolesterol

Konsumsi makanan yang tidak seimbang dan cenderung sembarangan sangat buruk efeknya karena mampu meningkatkan asupan lemak trans dengan jumlah yang banyak. Jika terpaksa tak bisa memilih makanan yang lebih sehat, para ahli menyarankan untuk mengambil sebuah pisang dna mengonsumsi terlebih dahulu sebelum mulai mengonsumsi makanan yang tersedia.

Komponen fitosterol yang ada pada pisang terbukti mampu menurunkan efek dari LDL atau kolesterol buruk dan telah dibuktikan melalui penelitian yang dipublikasi pada The Journal of Nutrition. Selain itu, ada juga peran vitamin B6 yang baik untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan.

7. Bantu Kuatkan Tulang

Ilustrasi makan pisangFoto: iStock

Walaupun buah pisang tidak memiliki kandungan kalsium yang sangat baik, tetapi konsumsi buah pisang mampu membantu untuk meningkatkan penyerapan kalsium dengan komponen prebiotik fruktooligosakarida. Fruktooligosakarida punya manfaat baik dan fungsi yang cukup penting pada saluran pencernaan.

Saat terfermentasi dalam saluran pencernaan, fruktooligosakarida mampu meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium dari asupan makanan yang dikonsumsi. Kemampuan buah pisang membantu penyerapan kalsium ini telah dibuktikan melalui sebuah penelitian yang dipublikasi pada The American Journal of Clinical Nutrition.

Baca juga: Pengunjung Restoran Salt Bae Kecewa Karena 'Diusir' Saat Sedang Makan



Simak Video "Laris Manis Madumongso Pisang dari Lumajang"
[Gambas:Video 20detik]

(dfl/adr)