7 Manfaat Konsumsi Pisang, Buah Favorit untuk Sarapan

Diah Afrilian - detikFood
Kamis, 18 Nov 2021 06:00 WIB
Manfaat Pisang untuk Wanita
Foto: Thinkstock

3. Atasi Kecemasan dan Stres

Selain manfaatnya mampu meningkatkan perasaan senang yang dimiliki oleh vitamin B9, pisang juga mengandung komponen tryptophan. Diakui oleh Cassie Bjork, RD, LD selaku ahli gizi, komponen ini bekerja sebagai sumber penciptaan serotonin.

"Tryptophan merupakan sumber dari serotonin. Serotonin mampu menjadi komponen kimia yang paling penting dibutuhkan untuk otak karena manfaatnya sebagai antidepresan secara alami dan mampu mengatasi kecemasan, insomnia permasalahan suasana hati serta beberapa keluhan seperti sakit kepala, perasaan yang sensitif, mudah marah hingga tindakan yang agresif," kata Bjork.

4. Tingkatkan Kualitas Tidur

Ilustrasi makan pisangFoto: iStock

Bukan hanya mampu memproduksi serotonin dengan sangat baik, ternyata komponen yang ada di dalam buah pisang juga mampu memproduksi melatonin. Komponen melatonin ini sangat baik untuk memberikan relaksasi pada tubuh dan membantu meningkatkan kualitas tidur.

"Tryptophan yang terkandung pada pisang juga mampu memproduksi melatonin, yang juga baik untuk memberikan relaksasi tubuh dan membantu untuk memperbaiki kualitas tidur malam. Cukup makan satu buah pisang sebelum tidur," kata Bjork.

5. Atasi Perut Kembung

Perut kembung dan penumpukan lemak memicu berbagai keluhan kesehatan. Mulai dari kesulitan untuk membentuk otot perut hingga kesehatan pencernaan yang terganggu.

Sebuah penelitian terbaru mengatakan bahwa konsumsi dua buah pisang dalam sehari selama 60 hari sebelum makan terbukti ampuh untuk mengurangi penumpukan lemak perut hingga 50 persen. Hal ini datang dari komponen pisang yang mampu melawan bakteri buruk di dalam saluran pencernaan dan membantu mengeluarkan sisa-sisa makanan yang menumpuk di dalam perut.

Baca juga: Denise Chariesta Doyan Babi, Sebut Siomay Babi Lebih Enak dari Siomay Ayam



Simak Video "Laris Manis Madumongso Pisang dari Lumajang"
[Gambas:Video 20detik]