11 Rempah dan Herba dalam Pengobatan Tradisional China Ini Terbukti Berkhasiat

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Kamis, 18 Nov 2021 05:00 WIB
11 Rempah dan Herba dalam Pengobatan Tradisional China Ini Terbukti Berkhasiat
Foto: Culture Trip

9. Akar licorice

Akar licorice alias gāncǎo punya manfaat sehat yang hebat. Mulai dari mengisi kembali energi yang hilang, menyehatkan perut, sampai atasi batuk.

Tak hanya itu, konsumsi akar licorice juga bermanfaat untuk mengatasi bengkak dan gatal-gatal pada kulit. Untuk penggunaannya, rasa manis akar licorice biasanya digunakan untuk mengurangi rasa pahit sebuah ramuan dalam pengobatan tradisional China.

10. Kulit jeruk

11 Rempah dan Herba dalam Pengobatan Tradisional China Ini Terbukti Berkhasiat11 Rempah dan Herba dalam Pengobatan Tradisional China Ini Terbukti Berkhasiat Foto: Culture Trip

Kulit jeruk yang dikeringkan di bawah sinar matahari menjadi bahan herba dalam pengobatan tradisional China. Fungsinya bisa menyeimbangkan energi vital tubuh dan menghangatkan perut.

Seperti halnya buah jeruk, kulit jeruk kaya vitamin C. Bahkan antioksidan yang ada pada kulit jeruk lebih tinggi daripada di buahnya. Kulit jeruk biasa digunakan sebagai campuran teh atau dicampurkan dalam hidangan tumis daging.

11. Kacang hijau

Satu lagi bahan makanan sehat dalam pengobatan tradisional China, kacang hijau. Siapa sangka kacang sehat ini bisa mendetoks tubuh dan mengeluarkan panas dari dalam tubuh.

Orang China menggunakan kacang hijau dalam beragam masakan seperti dijadikan sup, bubur, atau dicampurkan ke dalam kue. Soal nutrisi, kacang hijau mengandung potasium, magnesium, folat, serat, dan vitamin B6, yang dapat membantu mengendalikan perubahan suasana hati dan stress.


(adr/odi)