Teh Kunyit Kaya Khasiat, Bisa Bantu Kontrol Gula Darah

Sonia Basoni - detikFood Minggu, 31 Okt 2021 05:00 WIB
Raw roots of tumeric and tea on white planks detox concept closeup Foto: iStock
Jakarta -

Teh kunyit menjadi ramuan herbal yang digunakan sejak dulu untuk mengatasi berbagai penyakit. Salah satunya untuk membantu mengontrol kadar gula darah.

Kunyit ternyata tak hanya berguna sebagai pewarna makanan alami, tapi juga bagus dikonsumsi penderita diabetes. Kunyit bagus dikonsumsi, terutama oleh mereka yang memiliki kadar gula darah tinggi.

Dilansir dari Food NDTV (31/10), dari data International Diabetes Federation setidaknya ada 463 juta orang di dunia yang menderita diabetes. Jumlahnya ini diperkirakan akan terus bertambah di tahun 2045 mendatang.

Sebagaimana yang diketahui sebelumnya, diabetes memang tidak bisa disembuhkan. Orang-orang harus hidup berdampingan dengan diabetes, salah satunya dengan mengganti pola makan sampai menjaga gula darah agar tetap terkontrol.

KunyitKunyit Foto: iStock

Baca Juga: Manfaat Minum Kopi Campur Kunyit yang Bisa Tingkatkan Imunitas" selengkapnya


Salah satu rempah yang disarankan adalah kunyit. Kunyit sejak dulu digunakan dalam pengobatan tradisional di India. Kandungan antioksidan hingga sifat antibakterinya bagus untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

Selain itu ada curcumin, komponen paling penting di kunyit yang diketahui dapat membantu mengontrol kadar insulin. Serta meningkatkan fungsi kerja obat diabetes.

Hal ini berdasarkan data yang dihimpun dari Jurnal Frontiers in Endocrinology. Jurnal itu menyebutkan bahwa curcumin merupakan komponen bioaktif yang ditemukan dalam curcuma longa yang mengandung antioksidan sampai anti-diabet.

"Ditemukan juga bahwa penggunaan curcuma longa atau curcumin menunjukkan adanya pengurangan yang signifikan dari lipid preoxidation. Termasuk kadar glukosa darah, sampai tekanan darah sistolik dan diastolik," isi jurnal tersebut.

Curcuma longa, powder and rhizomes - complementary medicineCurcuma longa, powder and rhizomes - complementary medicine Foto: Getty Images/ollo

Selain khasiatnya untuk membantu mengontrol kadar gula darah. Ada beberapa manfaat kesehatan yang bisa di dapatkan jika mengonsumsi teh kunyit. Misalnya meredakan batuk atau radang tenggorokan.

Kemudian ampuh menurunkan demam, di mana teh biasanya diminum dengan tambahan madu alami. Baik juga untuk mencegah kanker sampai kandungan vitamin B6 yang ditemukan pada kunyit, disebut bisa membantu mengontrol kadar kolesterol dari tubuh yang menurunkan risiko dari terkena penyakit jantung.

Untuk cara pembuatan teh cukup mudah. Food NDTV menyarankan agar orang-orang merendam bubuk kunyit mentah dengan segelas air yang ditinggal selama semalaman. Kemudian di pagi hari air kunyit direbus sampai mendidih, kemudian disaring dan diminum seperti biasa.

Bagi penderita diabetes sebaiknya hindari menambahkan madu saat minum teh kunyit ini agar manfaatnya lebih efektif.

Baca Juga: 6 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan, Bikin Langsing dan Mood Lebih Baik" selengkapnya



Simak Video "Siapa Sangka, di SPBU Ini Nyempil Soto Banjar yang Gurih!"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com