5 Mitos dan Fakta Daun Kelor yang Sering Dikaitkan Hal Mistis

Diah Afrilian - detikFood Sabtu, 28 Agu 2021 05:56 WIB
5 Mitos dan Fakta Daun Kelor yang Sering Dikaitkan Hal Mistis Foto: iStock
Jakarta -

Di Indonesia daun kelor erat dengan hal-hal mistis. Ternyata begini penjelasan soal mitos dan fakta daun kelor yang banyak dipercaya.

Daun kelor atau yang bernama latin Moringa oleifera merupakan tanaman tropis yang sejak lama dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan tradisional. Daun kelor dapat tumbuh dengan subur di Indonesia.

Pada zaman nenek moyang, daun kelor dianggap memiliki kekuatan mistik yang mampu melindungi gangguan makhluk halus. Pohon daun kelor bahkan
dianggap sebagai tanaman sakti yang banyak dimanfaatkan para orang sakti untuk mendapatkan kekuatan.

Mitosnya daun kelor dapat melemahkan para jawara maupun kesaktian ilmu mistis. Ternyata secara medis daun kelor justru dianggap sebagai tumbuhan dengan seribu manfaat yang begitu menyehatkan.

Berikut ini 5 mitos dan fakta daun kelor:

5 Mitos dan Fakta Daun Kelor yang Sering Dikaitkan Hal Mistis5 Mitos dan Fakta Daun Kelor yang Sering Dikaitkan Hal Mistis Foto: iStock

1. Untuk Melepaskan Kesaktian Seseorang Saat Akan Meninggal

Di wilayah-wilayah yang masih memegang erat tradisi dan budaya, daun kelor digunakan untuk membantu orang-orang yang sakit atau yang akan meninggal untuk melepaskan kesaktiannya. Sebab orang-orang yang sakit dalam waktu lama kerap dikaitkan dengan kesaktian yang dimilikinya.

Faktanya, secara ilmiah konsumsi daun kelor justru bisa mengatasi beberapa macam penyakit. Secara medis daun kelor telah banyak diolah menjadi kapsul
yang dijadikan sebagai suplemen kesehatan akibat kandungan nutrisinya yang begitu tinggi.

Bahkan daun kelor telah dinyatakan oleh lembaga kesehatan dunia atau WHO sebagai tanaman herbal yang mampu mengatasi masalah malnutrisi di negara-negara miskin. Bahkan karena kepadatan nutrisinya, daun kelor juga banyak digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Baca juga: Daun Kelor Tertulis dalam Alquran, Ini 6 Manfaatnya untuk Kesehatan

2. Melawan Jin dan Ilmu Hitam

Masyarakat yang masih memegang teguh kepercayaan nenek moyang seringkali menggunakan daun kelor untuk tolak bala atau menghindari hal-hal buruk di rumah. Salah satunya mengobati orang yang telah sakit sejak lama tanpa diketahui penyebab penyakit yang pasti dan sering dikatakan sebagai korban praktik santet dan ilmu hitam.

Faktanya, daun kelor justru sangat ampuh untuk menyembuhkan penyakit seperti stroke, kusta, asam urat serta penyakit lainnya. Mulai dari masyarakat
Aceh hingga Maluku seringkali menggunakan seluruh bagian pohon daun kelor seperti daun, biji dan batangnya untuk mengatasi penyakit-penyakit tersebut.

Di Maluku, kulit batang pohon kelor biasanya akan direndam dan digunakan sebagai obat untuk mengatasi penyakit tipes dan asam urat. Selain itu daun kelor juga sering dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan protein masyarakat di daerah-daerah terpencil.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Gelar Lomba Masak Daun Kelor, Istri Gibran: Ada Edukasinya"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com