11 Rempah dan Herba dalam Pengobatan Tradisional China Ini Terbukti Berkhasiat

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 18 Nov 2021 05:00 WIB
11 Rempah dan Herba dalam Pengobatan Tradisional China Ini Terbukti Berkhasiat Foto: Culture Trip
Jakarta -

Pengobatan tradisional China adalah sistem pengobatan tradisional yang dipercaya sejak berabad-abad lalu. Menggunakan konsumsi berbagai herba dan rempah, pengobatan ini diyakini bisa menyembuhkan beragam penyakit.

Jauh sebelum lahirnya obat modern, orang-orang China memanfaatkan berbagai rempah dan herba untuk mengatasi gangguan kesehatan yang mereka alami. Mulai dari batuk, flu, masalah pencernaan, hingga gangguan peredaran darah.

Ramuan berbagai rempah dan herba ini kemudian dikenal sebagai bagian dari pengobatan tradisional China atau traditional Chinese modern (TCM). Jenis yang digunakan sangat beragam dan memiliki manfaat sehat masing-masing.

Mengutip Culture Trip (16/11/21), inilah 11 rempah dan herba dalam pengobatan tradisional China yang terbukti berkhasiat untuk kesehatan:

1. Ginseng

Herba ini mungkin jadi yang paling terkenal dan identik dengan pengobatan tradisional China. Dalam bahasa Mandarin, nama ginseng yaitu rénshēn berarti "akar manusia" karena bentuknya mirip tubuh manusia.

Ginseng menyimbolkan kemampuan ampuh untuk menyembuhkan beragam penyakit manusia, mengembalikan qi (energi vital), dan menghangatkan badan. Selain itu ginseng adalah antioksidan yang bisa menyingkirkan radikal bebas dan meningkatkan imunitas tubuh.

2. Walnut

11 Rempah dan Herba dalam Pengobatan Tradisional China Ini Terbukti Berkhasiat11 Rempah dan Herba dalam Pengobatan Tradisional China Ini Terbukti Berkhasiat Foto: Culture Trip

Kacang walnut atau hétáo dalam bahasa Mandarin juga punya peranan penting dalam pengobatan tradisional China. Orang China meyakini makan walnut bisa menajamkan pikiran dan meningkatkan konsentrasi serta memori.

Anggapan tersebut diperkuat dengan bentuk walnut yang memang menyerupai otak manusia. Menurut prinsip pengobatan tradisional China, kemiripan ini menjadi landasan fungsi yang dimiliki sebuah bahan makanan. Walnut juga dianggap sebagai makanan penghangat yang bagus dikonsumsi saat cuaca dingin. Kelebihan lainnya, walnut mengandung asam lemak omega 3, vitamin E, dan folat. Tiga nutrisi ini bermanfaat untuk kesehatan jantung dan otak.

3. Kayu manis

Rempah penting lainnya dalam pengobatan tradisional China adalah kayu manis atau ròuguì. Bagian batang dan kulitnya disebut-sebut sangat bagus untuk menghangatkan tubuh, melancarkan sirkulasi darah, dan menyelaraskan energi bagian atas dan bawah tubuh.

Penelitian modern menunjukkan konsumsi kayu manis bantu mengurangi reaksi alergi dan meningkatkan sirkulasi darah. Biasanya kayu manis dipadukan dengan rempah dan herba lain dalam pengobatan tradisional China menjadi secangkir teh nikmat penuh khasiat.

4. Jahe

11 Rempah dan Herba dalam Pengobatan Tradisional China Ini Terbukti Berkhasiat11 Rempah dan Herba dalam Pengobatan Tradisional China Ini Terbukti Berkhasiat Foto: Culture Trip

Rimpang pedas ini terkenal dengan sejuta manfaat sehatnya. Jahe juga banyak dipakai dalam pengobatan tradisional China. Jahe sangat bagus untuk kesehatan pencernaan, menetralkan racun di makanan, hingga menyehatkan paru-paru dan melancarkan peredaran darah ke seluruh anggota tubuh.

Saat ini, jahe banyak digunakan sebagai bumbu masak, campuran teh, hingga permen. Jahe bisa membantu mengatasi mual sehingga rempah ini selalu jadi andalan orang-orang.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com