Jangan Dihindari! 5 Makanan Berlemak Ini Justru Harus Dikonsumsi Saat Diet

Devi Setya - detikFood Senin, 15 Nov 2021 08:00 WIB
minyak salmon Foto: iStock
Jakarta -

Kebanyakan orang yang sedang diet akan menghindari makanan berlemak. Padahal tubuh secara alami membutuhkan asupan lemak dan ada beberapa makanan yang mengandung lemak sehat.

Sebagian besar orang yang menjalani diet insufisiensi pankreas eksokrin (EPI), mungkin berasumsi harus menghindari makanan berlemak untuk mencegah gejala pencernaan yang tidak nyaman. Padahal sebenarnya lemak dan sumber nutrisi lainnya tetap dibutuhkan dalam diet ini.

Dilansir dari Everyday Health (13/11) tubuh membutuhkan lemak dalam jumlah tertentu untuk tetap bisa berfungsi dengan baik. "Setiap bagian tubuh membutuhkan lemak untuk berfungsi," kata Kelly Scheller, ahli diet di M Health Fairview di Minneapolis.

Pelaku diet EPI harus makan lemak dalam jumlah sedang dari sumber yang sehat. Jumlahnya sekitar 35 hingga 40 gram sehari. Lemak yang dikonsumsi ini harus berasal dari sumber yang sehat untuk mencegah sakit perut, kembung, atau tinja berlemak yang dapat diakibatkan oleh asupan lemak berlebih.

Berikut ini beberapa makanan dengan lemak sehat yang bisa jadi pilihan:

1. Salmon

"Dalam hal sumber lemak hewani, ikan adalah yang terbaik," kata Scheller. "Beberapa ikan berlemak sebenarnya lebih tinggi lemaknya daripada lemak pada daging sapi, tetapi lebih mudah dicerna."

Dalam setiap 100 gram salmon mengandung sekitar 4,5 gram lemak. Selain salmon, ikan todak, dan tuna juga mengandung vitamin D yang larut dalam lemak. Ini membantu menjaga kesehatan tulang, menurut Office of Dietary Supplements di National Institutes of Health.

Meskipun mengandung sumber lemak baik, tetapi tetap konsumsi salmon dalam porsi secukupnya. Salmon bisa diolah menjadi berbagai hidangan seperti dijadikan salmon panggang, sup salmon ataupun disantap mentah sebagai sashimi.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Siapa Sangka, di SPBU Ini Nyempil Soto Banjar yang Gurih!"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com