Berhenti Makan Fast Food, Wanita Ini Berhasil Turun BB 45 Kg Setahun

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 15 Nov 2021 15:00 WIB
Berhenti Makan Fast Food, Wanita Ini Berhasil Turun BB 45 Kg Setahun Foto: SWNS
Jakarta -

Kisah diet sukses selalu menarik perhatian. Wanita di Inggris ini, misalnya, bikin publik tercengang karena berhasil menurunkan berat badan hingga 45 kg dalam setahun. Seperti apa caranya?

Selain mengatur pola makan, kunci diet sukses adalah komitmen untuk menjalani pola makan tersebut sampai berat badan benar-benar susut. Hal ini berhasil diterapkan Lillie Monro.

Wanita 24 tahun asal Halstead, Inggris itu berhasil memangkas berat badannya yang berlebih. Berawal dari kisahnya usai melahirkan anak perempuan.

Dokter yang memeriksanya bilang Monro mungkin tak akan bisa melihat putrinya tumbuh dewasa karena berat badannya mengancam keselamatannya. Ia mungkin alami diabetes, gagal jantung, hingga berbagai penyakit serius lainnya.

Berat badan Monro saat itu 121 kg. Sebelum melahirkan, berat badan Monro bahkan sampai 133 kg. "Itu adalah momen titik balik saya. Saya tahu saya harus cepat berubah," katanya seperti dikutip dalam Fox News (13/11).

Usai hari itu, ia pulang ke rumah dan berkomitmen untuk mengubah gaya hidup serta pola makannya. "Saya ngidam junk food setiap waktu. Dan kamu selalu lapar usai memakannya, jadi kamu berakhir makan banyak fast food," kata Monro.

Berhenti Makan Fast Food, Wanita Ini Berhasil Turun BB 45 Kg SetahunBerhenti Makan Fast Food, Wanita Ini Berhasil Turun BB 45 Kg Setahun Foto: SWNS

Masalah berat badan berlebih rupanya sudah dialami Monro sejak remaja. Beratnya pernah mencapai 107 kg! Monro pun telah berusaha menjalani berbagai diet untuk menurunkan berat badan, namun selalu gagal.

Kebiasaan makan fast food ini juga membuat boros karena Monro bisa habiskan hingga USD 1.085 (Rp 15,3 juta) per bulan hanya untuk jajan fast food. Per minggu rata-rata ia menghabiskan lebih dari USD 200 atau sekitar Rp 2,8 juta.

Monro putuskan membeli buku bekas dari Slimming World, organisasi di Inggris yang fokus membantu usaha penurunan berat badan. Ia bakal menimbang berat badannya tiap minggu dan membagikan perjalanan dietnya dengan anggota lain di program itu melalui Instagram.

Ia berhenti makan fast food dan mulai masak makanannya sendiri. Kebiasaan ini sekaligus menghemat pengeluarannya.

Monro bilang, "Memasak sendiri adalah kuncinya." Ia pun kini bisa belanja baju baru karena anggaran yang terpakai untuk makan berkurang banyak.

Berhenti Makan Fast Food, Wanita Ini Berhasil Turun BB 45 Kg SetahunBerhenti Makan Fast Food, Wanita Ini Berhasil Turun BB 45 Kg Setahun Foto: SWNS

Usaha tak mengkhianati hasil, dalam setahun Monro bisa turun berat badan sampai 45 kg. Sekarang ia berada dalam fase mempertahankan penurunan berat badan.

Monro bilang, "Saya hanya mengubah jumlah konsumsi beberapa makanan. Jadi saya hanya makan lebih sehat dan makan (yang kurang sehat) lebih sedikit, dan masak dari awal."

Ia melanjutkan, "Awalnya saya pikir saya menjalani diet, tapi sebenarnya ini lebih kepada perubahan gaya hidup dan itulah kenapa cara ini masih berhasil."

Bonusnya, Monro merasa lebih sehat dan bisa bermain sepuasnya dengan sang anak tanpa mengalami hambatan kesehatan. "Saya sangat senang sekarang. Saya rasa saya tidak akan bisa melalui (diet) ini jika bukan buat Mila (sang anak)," tutup Monro.



Simak Video "Masak Masak: Tips Bikin Kentang Goreng ala Restoran Fast Food"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com