Penting! Selama Musim Hujan, Penuhi 5 Kebutuhan Zat Gizi Ini

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 04 Nov 2021 05:00 WIB
Fresh mojito with watermelon on a wooden table Foto: iStock
Jakarta -

Saat suhu udara mulai menurun dibutuhkan daya tahan tubuh yang lebih kuat. Lima zat gizi ini perlu dicukupi kebutuhannya dalam pola makan agar tubuh tetap fit selama musim hujan.

Memasuki masa musim hujan, tidak aneh lagi kalau banyak daerah yang mulai diguyur hujan terus menerus. Suhu udara mulai menurun dan cuaca kini menjadi terasa lebih dingin. Penurunan suhu ini perlu diimbangi dengan penyesuaian kekebalan tubuh agar tak mudah sakit.

Mulai mengatur pola makan yang lebih sehat dengan memenuhi berbagai gizi yang diperlukan sangat penting fungsinya untuk mencegah tubuh agar tidak mudah sakit. Kurangnya asupan makanan yang bernutrisi serta kecukupan gizi yang tidak terpenuhi dikatakan oleh ahli kesehatan menjadi faktor utama yang membuat tubuh rentan sakit selama musim hujan atau saat cuaca dingin.

Gizi yang tercukupi melalui asupan pola makan yang seimbang menjadi salah satu cara yang paling efektif untuk melawan infeksi virus hingga menjaga kekebalan daya tahan tubuh selama musim hujan. Setidaknya ada lima jenis zat gizi yang penting untuk dipenuhi setiap harinya menurut rekomendasi para ahli gizi dan tenaga kesehatan.

Berikut ini 5 zat gizi yang perlu dipenuhi selama musim hujan menurut Times of India (28/10):

heap of various bread on wooden backgroundFoto: Getty Images/iStockphoto/Pineapple Studio

1. Karbohidrat

Sering diabaikan, karbohidrat sebenarnya menjadi komponen utama dan paling penting dalam pola makan sehat. Jika tidak ingin mengonsumsi karbohidrat yang tinggi gula seperti nasi, bisa saja diganti sumber karbohidrat lain. Misalnya gandum utuh maupun pilihan lain yang bebas gluten.

Karbohidrat dibutuhkan untuk menjadi bahan bakar utama dalam pembuatan energi di dalam tubuh. Kekurangan asupan karbohidrat akan cukup mengganggu keseimbangan gizi di dalam tubuh sehingga kinerja organ-organ dalamnya akan terganggu dan tidak bisa berfungsi secara efektif.

Selain sebagai bahan bakar produksi energi, beberapa sumber karbohidrat juga memiliki kandungan antioksidan yang sangat baik untuk meningkatkan kekuatan imunitas tubuh dan melawan infeksi virus maupun penyakit yang datang menyerang. Contoh sumber karbohidrat yang kaya akan antioksidan dan mudah ditemukan misalnya seperti ubi jalar maupun ubi ungu.

Baca juga: 7 Teh Ini Ampuh Untuk Jaga Imunitas Saat Musim Hujan

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com