Musim Hujan Tiba, Konsumsi 7 Makanan Ini untuk Cegah Pilek

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 28 Okt 2021 05:00 WIB
Ilustrasi buah alpukat segar Foto: Thinkstock
Jakarta -

Musim hujan mulai datang. Imunitas tubuh yang kuat diperlukan untuk menghadapi pergantian musim ini. Tujuh makanan ini disebut ampuh untuk cegah pilek selama musim hujan.

Perubahan musim perlu diwaspadai. Menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit selama perubahan musim berlangsung perlu dilakukan agar tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Menjaga daya tahan tubuh agar tetap kuat selama perubahan musim menjadi kunci utama untuk mempertahankan kesehatan tubuh. Terlebih ketika memasuki musim penghujan di mana suhu akan menurun dan cuaca akan cenderung tak menentu, kekebalan tubuh menjadi pelindung utama.

Perubahan suhu dari panas menjadi hujan yang cenderung cepat seringkali mengancam kekebalan imunitas dan membuat tubuh lebih cepat sakit. Salah satu penyakit yang paling sering dialami saat suhu menjadi dingin adalah pilek dan hidung tersumbat.

Untuk mencegahnya, berikut 7 makanan pencegah pilek di musim hujan menurut Hindustan Times:

5 Fakta Garis-garis Putih yang Ada pada Daging Ikan SalmonFoto: iStock

1. Salmon dan Minyak Ikan

Sebuah penelitian yang dilakukan mengungkap kekurangan vitamin D menjadi faktor yang besar untuk membuat tubuh mudah terjangkit flu. Pentingnya vitamin D untuk ditambahkan dalam asupan makanan sehari-sehari selalu ditekankan oleh para ahli gizi dan ahli kesehatan.

Makanan yang mengandung vitamin D dengan baik salah satunya adalah ikan yang mengandung lemak atau minyak dengan kadar yang tinggi. Jenis ikan salmon menjadi yang paling direkomendasikan karena kandungan minyak ikan dan vitamin D yang sangat baik.

2. Bawang Putih

Bawang putih memiliki komponen aktif alami bernama allicin. Komponen ini dikenal sebagai antibiotik alami yang membuat bawang putih begitu berkhasiat.

Layaknya antibiotik pada umumnya, komponen allicin dalam bawang putih mampu berfungsi sebagai antivirus yang melawan gangguan virus dan infeksi bakteri. Selain itu, konsumsi bawang putih saat mengalami pilek dan hidung tersumbat juga ampuh sebagai pereda dan pelega nafas.

Baca juga: 7 Makanan Ini Ampuh untuk Redakan Flu dan Batuk

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com