7 Makanan dan Minuman untuk Mengatasi Hidung Tersumbat

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 26 Jan 2021 10:30 WIB
Teh jahe bawang putih Foto: iStock
Jakarta -

Makanan dan minuman tertentu bisa membantu untuk mengatasi hidung tersumbat. Dibuat dari bahan sehat, makanan tersebut juga bisa meningkatkan sistem imun.

Hidung tersumbat bisa muncul ketika Anda terserang flu. Saat flu menyerang, lendir atau ingus dapat tertahan sehingga menyumbat hidung. Karena hal itu, pernapasan bisa jadi terganggu.

Hidung tersumbat juga dapat menimbulkan sakit kepala. Agar napas kembali lega, Anda bisa mengonsumsi beberapa makanan dan minuman ini.

1. Jahe

Jahe merupakan salah satu rempah yang sering digunakan sebagai pengobatan alami. Jahe mengandung senyawa anti inflamasi dan anti bakterinya efektif dapat meredakan gejala flu.

Saat mengalami hidung tersumbat, Anda bisa mengonsumsi teh yang dipadukan dengan jahe, lemon dan madu.

Sebelum mengonsumsinya, hiruplah dulu uap hangat dari rebusan teh dan jahe untuk merelaksasikan saraf-saraf hidung.

cara memotong nanas hanya 2 menit.cara memotong nanas hanya 2 menit. Foto: iStock

2. Nanas

Buah tropis yang manis dan asam ini dikemas dengan kandungan vitamin C dan juga bromelain. Bromelain adalah enzim yang ditemukan pada nanas yang dikenal karena kemampuannya untuk membantu mencegah lendir berlebihan pada hidung dan mengurangi produksi lendir yang sering disebabkan oleh alergi.

Minumlah jus nanas atau campurkan potongan nanas ke dalam salad untuk membantu meredakan alergi yang tersumbat.

3. Peppermint

Makanan yang mengandung menthol seperti peppermint dipercaya dapat mengurangi hidung tersumbat. Kandungan menthol dapat menstimulasi reseptor saraf hidung yang membuat kita merasa menghirup udara lebih banyak.

Menghirup uap air hangat yang sudah dicampurkan peppermint bisa melancarkan lendir yang tersumbat dalam hidung.

Resep Sup Ayam untuk Flu, Begini Cara MembuatnyaResep Sup Ayam untuk Flu, Begini Cara Membuatnya Foto: Getty Images/iStockphoto/AnnaPustynnikova

4. Sup ayam

Sup ayam dengan kuah hangat dapat membantu membersihkan lendir pada hidung. Sup ayam yang dibuat dengan campuran kaldu dapat mencegah flu. Selain itu kuah hangat dari sup dapat membersihkan lendir hidung jika dibandingkan dengan minuman lainnya.

5. Bawang putih

Bawang putih mengandung antibakteri dan antijamur yang bisa meringankan hidung tersumbat. Bawang putih mengandung bahan aktif bernama allyl thiosulfonate yang dapat membuat lega hidung.

Bawang putih bisa dicampurkan ke dalam saus pasta atau mencampurkannya ke dalam masakan. Sup bisa ditambahkan dengan bawang putih agar rasanya enak sekaligus dapat mengurangi lendir di hidung.

6. Biji labu

Biji labu adalah sumber asam lemak omega-3 yang bagus dan dapat membantu meredakan peradangan serta magnesium yang dapat mengurangi peradangan dengan membantu mengendurkan pembuluh darah.

Kedua nutrisi tersebut dapat membantu mengurangi pembengkakan sinus yang disebabkan karena alergi, memungkinkan lendir mengalir lebih baik sehingga mencegah hidung tersumbat. Taburkan biji pada salad, panggang dengan roti atau bisa dijadikan sebagai camilan.

7. Makanan pedas

Makanan pedas bisa membantu lancarkan aliran lendir. Kandungan capsaicin yang ada di dalam cabai bisa menyalurkan panas ke dalam hidung sehingga bisa mengurangi rasa sakit, inflamasi dan melepaskan lendir yang tersumbat karena flu.



Simak Video "Menyantap Tteokbokki hingga Cheese Ramyun Sambil Lesehan"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com