3 Ramuan Alami Ini Ampuh Jadi Obat Untuk Lidah Mati Rasa

Devi Setya - detikFood Rabu, 20 Jan 2021 05:00 WIB
3 Ramuan Alami Ini Ampuh Jadi Obat Untuk Lidah Mati Rasa Foto: Getty Images/iStockphoto/microgen
Jakarta -

Mengalami lidah mati rasa tentu tak nyaman, apalagi gejala ini juga menjadi salah satu indikasi paparan Covid-19. Ada banyak ramuan herbal yang bisa diandalkan untuk mengobatinya.

Lidah mati rasa saat mengalami flu ternyata dianggap wajar. Keadaan ini akan berlangsung selama beberapa hari dan secara alami bisa sembuh dengan sendirinya. Tapi keadaan ini tentu membuat tak nyaman, apalagi jika tak bisa merasakan makanan dan minuman enak.

Tak perlu terburu-buru mengonsumsi obat kimia, jika gejalanya tidak parah maka bisa diredakan dengan racikan obat herbal. Kamu cukup mengandalkan beberapa bahan yang sebenarnya mudah ditemui.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ramuan herbal yang bisa dijadikan obat untuk meredakan dan mengobati lidah mati rasa.

1. Bawang putih dan air hangat

3 Ramuan Alami Ini Ampuh Jadi Obat Untuk Lidah Mati Rasa3 Ramuan Alami Ini Ampuh Jadi Obat Untuk Lidah Mati Rasa Foto: Getty Images/iStockphoto/microgen

Secara alami bawang putih mengandung zat antimikroba sekaligus anti-inflamasi. Mengonsumsi bawang putih bukan hanya bisa memulihkan fungsi indera perasa tapi juga meredakan hidung tersumbat karena flu.

Jika mengalami hidung tersumbat, ramuan bawang putih juga membantu melegakan aliran pernapasan sehingga kamu bisa bernapas dengan lega. Untuk membuat racikan bawang putih ini juga sangat mudah.

Ambil segelas air panas lalu tambahkan 2-3 butir bawang putih yang sudah dicincang. Diamkan beberapa menit lalu saring. Minum airnya dua kali dalam sehari dan rasakan khasiatnya. Bawang putih ini tidak menyebabkan efek negatif, jadi bisa dikonsumsi siapapun.

Dilansir dari Healthline, sebuah penelitian menunjukkan bahwa bawang putih dapat membantu melawan masuk angin dan flu. Bumbu dapur ini dapat mengurangi berbagai resiko paparan penyakit dan membantu proses pemulihan lebih cepat.

Untuk memaksimalkan manfaat ini, sebaiknya konsumsi bawang putih mentah atau ekstrak bawang putih tua.

2. Teh jahe

Jahe sudah lama dikenal sebagai rimpang yang kaya khasiat. Selain itu, rasa jahe yang enak dan menyegarkan juga menjadikan jahe kerap ditambahkan dalam minuman. Sebut saja misalnya susu jahe, teh jahe dan juga wedang jahe.

Dilansir dari Medical News Today (20/1) untuk mengobati rasa kebas di lidah dan indera penciuman, kamu bisa mengonsumsi teh jahe. Aroma jahe yang kuat membantu merangsang indera penciuman, sementara rasanya yang pedas segar juga membuat lidah perlahan bisa kembali berfungsi normal.

Kamu bisa membuat racikan teh jahe, caranya dengan merebus jahe yang sudah dimemarkan lalu gunakan airnya untuk menyeduh teh. Untuk rasa yang lebih nikmat, kamu bisa menambahkan madu.

Konsumsi teh jahe ini di pagi hari, selain menyegarkan juga bisa membuat tubuh tetap bugar. Atau kamu juga bisa memotong jahe menjadi kecil-kecil lalu campurkan dengan teh dan sereh.

3. Lemon madu

3 Ramuan Alami Ini Ampuh Jadi Obat Untuk Lidah Mati Rasa3 Ramuan Alami Ini Ampuh Jadi Obat Untuk Lidah Mati Rasa Foto: Getty Images/iStockphoto/microgen


Selain kandungan vitamin C yang tinggi, lemon juga mengandung antioksidan dan antibakteri. Konsumsi lemon secara rutib membantu mengobati infeksi pada saluran pernapasan termasuk hidung dan mulut.

Rasa dan aroma lemon yang segar membantu merangsang indera penciuman dan perasa. Lemon juga mengandung minyak atsiri yang harumnya menenangkan.

Cobalah konsumsi segelas campuran air hangat, lemon dan madu. Aduk rata lalu nikmati selagi hangat. Lemon madu ini bisa dikonsumsi di pagi, siang maupun malam hari. Selain melegakan saluran pernapasan, ramuan ini juga membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Lemon juga tinggi kalium, yakni mineral penting yang membantu fungsi ginjal secara maksimal dan berperan mengatur tekanan darah. Ketika ginjal berfungsi dengan baik maka racun dalam tubuh bisa dibuang secara maksimal dan menjaga tubuh dari berbagai penyakit



Simak Video "Nggak Cuma Obat Herbal, Daun Kelor Bisa Jadi Cokelat Lezat"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com