7 Makanan Ini Ampuh untuk Redakan Flu dan Batuk

Devi Setya - detikFood Rabu, 01 Sep 2021 17:30 WIB
flu Foto: iStock
Jakarta -

Sebelum mengonsumsi obat kimia saat flu dan batuk, ada baiknya untuk mencoba pengobatan herbal. Banyak makanan yang bisa diandalkan untuk meredakan flu serta batuk.

Saat flu dan batuk menyerang, nafsu makan memang jadi menurun. Tetaplah untuk memaksa makan meskipun sedikit karena tubuh memerlukan sistem imun yang kuat untuk melawan virus serta bakteri penyebab flu dan batuk.

Flu dan batuk sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya tanpa mengonsumsi obat-obatan. Bahkan ada beberapa makanan yang bisa diandalkan sebagai obat alami untuk penderita flu dan batuk. Sebut saja misalnya sup ayam, brokoli hingga yoghurt yang mampu mengusir flu dan batuk.

Dilansir dari HealthLine (1/9) berikut beberapa makanan yang bisa membantu meredakan flu dan batuk:

1. Makanan mengandung kaldu


Makanan mengandung kaldu bisa menjadi obat untuk redakan flu serta batuk. Kamu bisa menggunakan kaldu ayam, kaldu daging sapi ataupun kaldu sayuran sebagai campuran makanan.

Kaldu membantu mencegah dehidrasi dan direkomendasikan disantap hangat agar membuat perut nyaman dan badan juga merasa hangat. makanan dengan campuran kaldu membantu meredakan hidung tersumbat serta melegakan tenggorokan.

Kamu bisa membuat sup atau soto dengan bahan baku kaldu. Tambahkan sumber protein dan sayuran agar rasanya semakin lezat.

Young businesswoman with clpd and flu virus blowing nose while working in the office.7 Makanan Ini Ampuh untuk Redakan Flu dan Batuk Foto: Getty Images/iStockphoto/Drazen Zigic

2. Sup ayam


Sup ayam juga bisa jadi makanan yang membantu meredakan flu dan batuk serta hidung tersumbat. Bahan bakunya kaldu ayam yang diberi tambahan potongan ayam, sayuran dan aneka bumbu.

Daging ayam mengandung zat besi dan protein yang bisa membantu memulihkan kesehatan. Kamu bisa menambahkan wortel, kentang, buncis dan daun seledri sebagai sumber vitamin, serat dan mineral.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Cukup Bayar Rp 2.000, Bisa Makan Sepuasnya di Warung Ini"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com