7 Teh Ini Ampuh Untuk Jaga Imunitas Saat Musim Hujan

Diah Afrilian - detikFood Senin, 01 Nov 2021 05:00 WIB
teh sereh Foto: Getty Images
Jakarta -

Saat musim hujan tiba butuh imunitas yang lebih kuat. Rutin konsumsi tujuh jenis teh ini dikatakan ahli dapat memperkuat imunitas selama musim hujan.

Terbuat dari racikan herbal, berbagai jenis teh memiliki manfaatnya masing-masing untuk kesehatan jika dikonsumsi secara rutin. Selain membantu menghangatkan tubuh, racikan alami dengan berbagai kandungan menyehatkan di dalamnya ini memiliki manfaat kesehatan baik secara menyeluruh maupun khusus.

Teh juga sudah bertahun-tahun dipercaya sebagai pengobatan alternatif baik untuk mencegah hingga menyembuhkan keluhan kesehatan yang dirasakan. Berbagai jenis teh biasanya kan dipergunakan untuk mengatasi berbagai keluhan kesehatan yang berbeda-beda.

Beberapa racikan teh bahkan bisa dibuat dengan bahan-bahan yang sangat mudah dan biasa ditemukan di dapur-dapur rumah. Komponen aktif yang terkandung secara alami pada beberapa ha pembuat teh dipercaya oleh ahli dapat meningkatkan imunitas dan mencegah sakit selama musim hujan tiba.

Berikut ini 7 jenis teh yang dapat menguatkan imunitas selama musim hujan menurut Boldsky (17/9):

KunyitFoto: iStock

1. Teh Kunyit

Teh kunyit diracik dengan cara menyeduh parutan kunyit segar dengan air hangat. Jika tidak memiliki kunyit segar, teh kunyit juga bisa diracik menggunakan bubuk kunyit. Kunyit diketahui memiliki rasa yang cenderung kuat dengan manfaat kesehatan yang sangat baik.

Memiliki komponen kurkumin di dalamnya, para ahli menyebutkan bahwa kunyit yang diseduh dengan air panas sangat cocok untuk dinikmati saat musim dingin maupun musim penghujan. Segelas teh kunyit dipercaya dapat meningkatkan imunitas, mengatasi gejala rematik hingga mengendalikan tekanan darah. Menambahkan jahe, lemon hingga madu juga dipercaya dapat menambahkan rasa teh kunyit menjadi lebih lezat.

2. Teh Jahe

Jahe seringkali dipercaya sebagai herbal untuk mengatasi berbagai keluhan kondisi kesehatan. Rasa hangat yang ditimbulkan melalui konsumsi jahe ternyata mampu memberikan manfaat yang sangat baik untuk kesehatan.

Teh yang terbuat dari parutan jahe segar maupun jahe bubuk diketahui memiliki kadar vitamin C, asam amino dan elemen seperti kalsium, zinc, fosfor dan berbagai zat gizi lainnya. Tidak hanya mampu meningkatkan imunitas saat musim hujan, teh jahe bahkan diakui juga dapat membantu memperbaiki sistem pencernaan menjadi lebih lancar.

Baca juga: Musim Hujan Tiba, Konsumsi 7 Makanan Ini untuk Cegah Pilek

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com